Cianjur (ANTARA News) - Lalu lintas kendaraan di jalur Puncak-Cipanas, Cianjur, Jawa Barat sudah kembali normal setelah sempat ditutup mulai dari perempatan Gentur-by pass.

Jalur Puncak-Cipanas dari kedua arah, baik dari Bogor maupun Cipanas, tidak terlihat antrean kendaraan.

Kondisi itu berbeda dengan tahun lalu yang terjadi antrean puluhan kilometer di jalur tersebut.

Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah pada wartawan Minggu, mengatakan, pihaknya telah melakukan kordinasi dengan seluruh jajaran yang bertugas di masing-masing pos pam di sepanjang jalur Puncak hingga perbatasan Cianjur untuk melakukan berbagai upaya mengurai antrian.

Hingga sore tadi, arus lalu lintas di sepanjang jalur itu masih normal.

"Seluruh jajaran kami minta untuk melakukan berbagai upaya agar tidak terjadi macet total pada malam sampai awal tahun baru. Saat ini setelah penutupan jalur menuju Puncak dari Cianjur atau Bogor, volume kendaraan yang melintas terlihat masih normal," katanya.

Pihaknya mengimbau warga atau pendatang yang hendak merayakan malam pergantian tahun di wilayah hukum Cianjur, tidak menjalankannya dengan euforia berlebihan, seperti menyalakan petasan atau kembang api.

"Kami sudah mengimbau warga melalui tokoh agama di tingkat kecamatan hingga desa, agar warganya tidak merayakan malam pergantian tahun dengan turun ke jalan. Lebih baik melakukannya dengan kegiatan positif di lingkungannya masing-masing," katanya.

Sementara sejumlah tokoh agama di Cianjur membenarkan hal tersebut.

"Untuk lingkungan warga sekitar masjid, kami sudah ada agenda setiap minggu dengan menggelar pengajian rutin. Namun bagi warga yang merayakan, kami imbau untuk tidak turun kejalan dan merayakannya secara berlebihan," kata Kirno Ketua DKM Masjid Almuhajirin, Desa Nagrak.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017