Bogor (ANTARA News) - Ribuan warga tumpah ruah di lapangan Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu malam untuk merayakan malam pergantian tahun.

Suasana di lapangan Sempur cukup padat oleh warga masyarakat yang berkumpul, untuk menikmati pesta kembang api yang dinyalakan oleh warga beramai-ramai pada detik-detik pergantian tahun.

Menurut petugas Polisi yang berjaga di lokasi, warga sudah mulai berdatangan dari pukul 21.00 WIB hingga berita ini diturunkan jumlah warga terus bertambah.

Satlantas Polresta Bogor Kota memberlakukan larangan parkir di jalan dan badan jalan, kendaraan yang kedapatan parkir sembarangan akan diberi tindakan langsung, ataupun penderekkan.

Sejumlah warga memilih datang lebih awal agar mendapatkan tempat parkir yang tersedia di sekitar area lapangan Sempur dan Taman Ekspresi. Sementara sejumlah petugas polisi berjaga-jaga di sepanjang Jalan Jalak Harupat mengatur arus lalu lintas tetap lancar dan tidak ada parkir liar.

Keindahan lapangan Sempur setelah ditata oleh Pemerintah Kota Bogor menjadi daya tarik tersendiri untuk warga menghabiskan malam tahun baru bersama keluarga dan pasangan, serta teman-teman.

Di dekat Kantor Kejaksaan petugas menyiagakan satu mobil unit "water canon", sejumlah mobil patroli di siagakan sepanjang jalan di Balai Kota.

Selain di lapangan Sempur, warga juga mulai memadati Tugu Kujang dan Tepas Salawang Lapan. Lokasi ini biasanya menjadi tempat warga menikmati detuman kembang api pada malam pergantian tahun.

Kebang api di Tugu Kujang biasanya dinyalakan oleh warga secara mandiri dan juga sejumlah hotel yang ada di kawasan pusat kota. Tahun baru ditandai dentuman kembang api yang menyala selama beberapa menit dari berbagai penjuru wilayah.

Petugas juga dikerahkan menjaga disepanjang jalan mulai dari depan pintu tiga Kebun Raya Bogor hingga menuju Tugu Kujang. Warga tidak diperbolehkan parkir di pinggir jalan atau di atas jalan.

Begitu juga di Jl Oto Iskandar Dinata, petugas memasang tali barier agar tidak ada kendaraan roda dua maupun roda empat parkir di sepanjang jalan. Arus lalu lintas dari arah tol Jagorawi menuju Tungu Kujang, Jl Oto Iskandar Dinata dan Jl Juanda terpantau ramai lancar.

Kepadatan kendaraan telihat di Jalan Jalak Harupan karena adanya aktivitas warga yang hendak masuk lapangan Sempur.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya menyebutkan situasi di Kota Bogor menjelang malam pergantian tahun berlangsung kondusif, walau terjadi kemacetan tetapi arus tetap bisa mengalir.

"Kalau dibilang kondusif, cukup kondusif. Hanya masih tetap macet, walau begitu arus masih tetap mengalir, karena kita pastikan tidak ada aktivitas apapun di seputar SSA sehingga lalu lintas tetap berjalan normal," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017