Jakarta (ANTARA News) - Stefano Lilipaly bermain ciamik ketika tim nasional U-23 Indonesia menaklukkan timnas U-23 Chinese Taipei dengan skor 4-0 di laga Grup A cabang olahraga sepak bola putra Asian Games XVIII 2018, Minggu (12/8).

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jawa Barat, tersebut, Lilipaly membuat dua gol dan satu "assist" untuk gol Alberto Goncalves.

Gol pertama yang ia cetak memecah kebuntuan timnas U-23 yang tidak bisa menjebol gawang Chinese Taipei sampai menit ke-67, gol kedua Lilipaly ditorehkan dengan apik.

Pesepak bola berusia 28 tahun tersebut membuat gol dengan tendangan salto, menyambut umpan silang yang dikirim oleh bek kiri Rezaldi Hehanusa.

"Gol itu untuk istri saya. Saat ini dia sedang hamil tujuh bulan," ujar Fano, sapaan Lilipaly.

Istri Lilipaly, yaitu Carmen Rowena Lumanauw. Sebelumnya, mereka telah dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Jax Elion Lilipaly.

Tidak heran jika gelandang yang kini membela Bali United di Liga 1 Indonesia itu tampak begitu emosional ketika merayakan golnya.

Luapan emosional itu bertambah karena sebelum gol Lilipaly datang, timnas U-23 Indonesia kesulitan mencetak gol ke gawang Chinese Taipei sejak babak pertama.

"Kami banyak peluang, tetapi tidak ada yang menjadi gol. Saya bersyukur bisa membantu tim memenangkan pertandingan," tutur pria yang pernah bermain di Liga Utama Belanda bersama FC Utrecht itu.

Penampilan Stefano pun dipuji oleh pelatih timnas U-23 Indonesia Luis Milla. Milla menganggap gelandang naturalisasi tersebut merupakan aktor utama kemenangan 4-0 skuatnya atas Chinese Taipei.

Gol-gol Indonesia dalam pertandingan itu ditorehkan oleh Stefano Lilipaly (di menit ke-67 dan 76), Alberto Goncalves (71`) dan Muhammad Hargianto (90+3`).

"Stefano Lilipaly menjadi pemeran utama dalam laga ini. Namun, semua pemain juga bermain baik," kata Milla.

Meski demikian, perlu diingat, laga kontra Chinese Taipei yang menjadi panggung pertunjukan performa bagus timnas U-23 Indonesia dan penampilan ciamik Stefano Lilipaly adalah pertandingan pertama timnas U-23 Indonesia di Asian Games 2018.

Timnas U-23 Indonesia masih harus bertanding dengan tiga tim lain di Grup A, yakni Palestina, Laos dan Hong Kong. Tim berjuluk Garuda Muda itu diharapkan menjaga konsistensi bermain agar terus meraih hasil positif dan pada akhirnya dapat meraup target semifinal yang ditetapkan pemerintah dan PSSI.

"Kemenangan 4-0 itu baru awal. Kami harus langsung memikirkan pertandingan berikutnya melawan Palestina," ujar Luis Milla.

Laga timnas U-23 Indonesia kontra timnas U-23 Palestina digelar Rabu (15/8) mulai pukul 19.00 WIB di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jawa Barat. Tiga angka dari laga tersebut akan membuat peluang Indonesia untuk lolos dari Grup A semakin besar.

Baca juga: Luis Milla puji penampilan tiga pemain senior

Baca juga: Stefano Lilipaly kembali cetak gol di Cambuur

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018