Jakarta (ANTARA News) - Lurah Menteng Agus Sulaeman memasang tujuh kamera pengawas atau "closed circuit television" (CCTV) di wilayah Kelurahan Menteng Jakarta Pusat (Jakpus) untuk mencegah aksi tawuran antarwarga.

"Pemasangan CCTV untuk antisipasi aksi tawuran antarwarga," kata Lurah Agus didampingi Sekretaris Lurah Menteng, Dedy Tjahyadi di Jakarta pada Rabu.

Baca juga: Cegah Tawuran, Lima CCTV Dipasang Di Menteng

Agus melanjutkan pemasangan CCTV tersebut memanfatkan dana "corporate social responsibility" (CSR) Bali Tower.

Dari tujuh titik pemasangan CCTV, empat di antaranya dipasang di lokasi Pasar Rumput dan sisanya di Jalan Menteng Tenggulan atas usulan warga.

"Pemasangan CCTV merupakan usulan dari warga. Pihak kelurahan bersurat ke Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Provinsi DKI Jakarta dan dikerjakan oleh CSR Bali Tower," jelas Agus.

Nantinya, koneksi CCTV diharapkan dapat terhubung dengan pos polisi Menteng Tenggulun sehingga dapat memantau langsung kejadian aksi tawuran.

"Kami berharap pemasangan CCTV dapat menjaring para pelaku yang terlibat aksi tawuran," tambahnya.

Selain pemasangan CCTV, Kelurahan Menteng juga mengantisipasi tawuran dengan cara mempercantik Jembatan Pasar Rumput dan tembok Kali Ciliwung Banjir Kanal Barat (BKB) dengan mural berisi pesan moral.

Baca juga: Menteng percantik Jembatan Pasar Rumput dengan mural

Sebelumnya, peristiwa tawuran terjadi di Pasar Rumput melibatkan anak remaja dari Menteng Tenggulun Jakarta Pusat saat bertemu dengan Manggarai dan Kandang Kuda Pasar Rumput, Senin (20/8) malam.

Baca juga: Petugas gabungan bubarkan tawuran di Pasar Rumput

Ratusan remaja dari kelompok itu terlibat tawuran dan lempar batu, serta kayu kemudian polisi tiba di lokasi kejadian dan berhasil menghalau dan membubarkan massa.

Pewarta: Tessa Qurrata Aini
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2018