Jakarta (ANTARA News) - Ajang penghargaan bagi pertelevisian dunia Emmy Awards 2018 yang diadakan di Microsoft Theater, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Senin (17/9) waktu setempat (Selasa pagi WIB), menciptakan beberapa rekor nominasi. Berikut adalah ulasannya seperti dilaporkan Hollywood Reporter, Selasa.

Peter Dinklage

Aktor Peter Dinklage meraih nominasi sebagai aktor pendukung terbaik dalam kategori serial drama. Ini merupakan nominasi ketujuhnya sepanjang karir pemain serial "Game of Thrones" tersebut.

Dengan pengecualian pada tahun 2017, ketika "Game of Thrones" tidak masuk Emmy Awards, Dinklage telah dinominasikan untuk aktor pendukung terbaik dalam serial drama setiap tahun sejak 2011 untuk perannya sebagai Tyrion Lannister. Dia sukses membawa pulang penghargaan itu di tahun 2011 dan 2015.

Baca juga: HBO rilis footage "Game of Thrones" season 8

Unbreakable Kimy Schmidt

Meskipun hanya merilis enam episode berdurasi setengah jam tahun ini, serial "Unbreakable Kimmy Schmidt" berhasil meraih nominasi keempat secara berturut-turut untuk kategori serial komedi terbaik.
 
Hal tersebut menyamai torehan "Kate & Allie" (1984) dan "The Wonder Years" (1988) sebagai musim terpendek yang dinominasikan untuk serial komedi.

Selain itu, Tituss Burgess, salah satu pemain di serial "Unbreakable Kimmy Schmidt", juga meraih nominasi keempat berturut-turut untuk aktor pendukung terbaik dalam kategori serial komedi.

Netflix

Netflix berhasil meraih nominasi terbanyak dengan total 112 nominasi dalam ajang penghargaan Emmy Awards 2018. Jumlah tersebut mengalahkan total nominasi yang diraih HBO sebanyak 108 nominasi. Capaian ini sekaligus mematahkan dominasi HBO sebagai peraih nominasi terbanyak selama 18 tahun terakhir.

Baca juga: Noah Centineo, idola baru di Netflix

Sandra Oh

Bintang "The Killing Eve", Sandra Oh membuat sejarah sebagai wanita keturunan Asia pertama yang dinominasikan sebagai aktris utama terbaik dalam kategori serial drama.

"Saya sangat bergembira, ini tidak hanya untuk acara saya dan keluarga, tetapi juga untuk komunitas saya," kata Sandra Oh kepada The Hollywood Reporter.

Baca juga: Sandra Oh orang Asia pertama yang masuk nominasi aktris utama Emmy Awards

Saturday Night Live

Acara "Saturday Night Live" memecahkan rekornya sendiri untuk sebagian besar nominasi Emmy Awards dengan 21 nominasi untuk sebuah program acara tahun ini. Secara keseluruhan acara ini sudah pernah masuk nominasi sebanyak 252 kali.

Tahun ini, "Saturday Night Live" memperoleh lebih dari satu nominasi dalam beberapa kategori, dengan tiga nominasi untuk aktris pendukung dalam serial komedi (Aidy Bryant, Leslie Jones dan Kate McKinnon) dan dua untuk aktor pendukung dalam serial komedi (Alec Baldwin dan Kenan Thompson).

Baca juga: Ini daftar nominasi Emmy Awards 2018

Baca juga: Pemenang Emmy tertawakan Trump di atas panggung
 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018