Jakarta (ANTARA News) - Salad adalah satu makanan favorit para pelaku diet karena selain sehat, makanan ini dipercaya membantu menurunkan berat badan.

Kendati demikian, ada juga topping salad mengandung banyak lemak dan kalori.

Agar tidak salah, berikut ini akan dibahas beberapa topping salad yang baik untuk menurunkan berat badan dan yang harus dihindari, seperti lansir Boldsky, Selasa.

Topping terbaik

1. Paprika

Paprika dikenal untuk meningkatkan metabolisme tubuh karena mengamdung senyawa penguat metabolisme yang disebut dihydrocapsiate. Paprika juga kaya akan vitamin C yang melawan kortisol, hormon stres yang menyebabkan penumpukan lemak di perut.
  
Baca juga: Dua porsi salad untuk otak lebih muda 11 tahun

2. Selada

Selada banyak digunakan sebagai dasar salad. Tapi selain selada ada banyak sayuran hijau lain yang rasanya lembut dan renyah seperti bayam, sawi hijau, bit hijau, selada iceberg dan daun kubis.

3. Telur

Telur adalah topping salad yang sehat dan berfungsi untuk menurunkan berat badan. Putih telur dapat memuaskan rasa lapar, sedangkan kuning telur merupakan sumber menambah lemak yang disebut kolin. Kolin bekerja dengan menekan hormon lapar atau leptin yang membuat Anda terus merasa lapar bahkan setelah makan.

4. Buah beri

Buah beri penuh dengan polifenol dan antioksidan alami. Kedua kandungan ini dapat ditemukan pada stroberi, blueberry dan raspberry yang dapat menurunkan pembentukan sel-sel lemak hingga 73 persen. Buah beri juga kaya serat yang akan membuat Anda kenyang sehingga mencegah keinginan untuk nyemil.

Baca juga: Porsi sarapan dan makan malam yang benar

5. Sayuran

Tambahkan banyak sayuran warna-warni ke dalam salad untuk membuatnya sehat karena mengandung banyak phytochemical.

Misalnya, Anda dapat memasukkan sayuran berwarna merah seperti tomat, bit, dan paprika merah; sayuran berwarna hijau seperti artichoke, kacang polong, brokoli dan mentimun; sayuran berwarna oranye seperti wortel, dan ubi jalar; sayuran berwarna biru atau ungu seperti kubis ungu dan terong dan sayuran berwarna putih atau coklat seperti jamur, atau parsnip.

Topping salad yang baiknya dihindari

1. Daging asap

Daging asap penuh dengan kalori dan lemak. Satu porsi atau 100 gr daging asap mengandung 110 mg kolesterol dan 1.717 mg natrium yang harus dihindari, apalagi jika Anda memiliki tekanan darah tinggi.

2. Krim sebagai dressing

Tidak peduli seberapa banyak topping sehat yang dimasukkan ke dalam salad, jika Anda menambahkan krim sebagai dressing maka akan merusak diet. Dressing krim penuh dengan lemak jenuh tinggi, gula, sodium dan kalori. Hindari juga menambahkan blue cheese. Lebih baik Anda menggunakan minyak yang sehat sebagai saus salad.

Baca juga: Telur dan sayuran mentah bantu tambah nutrisi

3. Crouton

Crouton terbuat dari roti putih yang mengandung lebih sedikit serat dan protein. Crouton tidaklah sehat sebab digoreng dan akan menambah lemak serta kalori yang tidak diperlukan.

4. Daging olahan

Daging olahan seperti sosis bukanlah hal terbaik untuk dimasukkan ke dalam salad Anda. Karena mereka tinggi kalori dan lemak yang akan menambah lingkar pinggang. Sebaliknya, ayam atau daging kalkun tanpa lemak bagus untuk diet Anda.

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018