Jakarta (ANTARA News) - Asus memasang target 40 persen untuk pangsa pasar laptop premium di Indonesia.

"Untuk pasar high-end kami hanya memiliki 25 persen... Selanjutnya kami menargetkan 40 persen untuk segmen high-end tahun depan," ujar Asus Indonesia PC PM Lead, Frank Wang, usai peluncuran Zenbook S UX391UA di Jakarta, Selasa.

Meski demikian, Asus mengakui bahwa Apple dengan Macbook-nya masih menjadi kompetitor terkuat di pasar laptop premium di Indonesia.

"Menurut saya, karena Apple masih menjadi pemain yang kuat, dan kompetitor kami juga punya beberapa model premium," kata Frank.

Sejumlah perusahaan teknologi belakangan ini juga agresif bermain di segmen laptop premium. Bulan lalu, Lenovo menghadirkan ThinkPad P1 dengan harga mulai dari Rp23 juta-an, sementara Dell meluncurkan laptop XPS  di harga Rp37,999 juta.

Asus hari ini meluncurkan laptop premium Zenbook S UX391UA seharga Rp26,299 juta. Kehadiran Zenbook S dengan desain ultra-thin ini menjadi langkah Asus untuk memperbesar pangsa pasar di Indonesia.

"Sebenarnya, sebelumnya kami tidak berpikir pasar Indonesia mampu membeli high-end. Namun, khususnya tahun ini kami melihat pasar Indonesia punya potensi yang besar," kata Frank

"Indonesia adalah pasar yang paling penting di APAC untuk Asus, dan juga kami percaya akan lebih banyak lagi end-user yang mampu membeli produk high-end," sambung dia.

Dalam presentasinya, Frank menyebut bahwa pangsa pasar laptop thin and light Asus pada Q3 tahun ini meningkat menjadi 25,4 persen dari 3,5 persen pada kuartal yang sama tahun lalu, mengutip data dari firma riset Gfk.

Pertumbuhan yang signifikan ini, menurut Frank, dikarenakan Asus banyak meluncurkan seri Zenbook pada tahun ini.

"Untuk pasar ultra-thin, Zenbook masih punya ruang untuk tumbuh," lanjut dia.

Lebih lanjut, Asus berjanji untuk menghadirkan lebih banyak produk premium di pasar Indonesia.

"Zenbook S adalah premium, kami ingin ke entry segmen tapi tetap Zenbook, jadi harganya akan seitar Rp15 juta dan model baru akan datang akhir tahun ini," ujar Frank.

Baca juga: Asus luncurkan laptop premium Zenbook S

Baca juga: Bidik e-Sport, Asus luncurkan laptop ROG Strix Scar dan Hero

Baca juga: Asus hadirkan laptop bertenaga AMD Ryzen

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018