counter

IPC proyeksi jalur laut jadi pilihan pemudik

IPC proyeksi jalur laut jadi pilihan pemudik

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC, Elvyn G. Masassya. (ANTARA/Ade Irma Junida)

Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Pelindo II (IPC) memproyeksikan adanya peningkatan jumlah penumpang pada saat momentum mudik Lebaran tahun ini.

"Saya yakin kelihatannya tahun ini jumlah penumpang akan meningkat karena Lebaran ini banyak yang lebih suka lewat laut daripada lewat udara karena berbagai faktor," kata Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC, Elvyn G. Masassya di Jakarta, Kamis.

Perseroan mencatat sepanjang 2018 terjadi peningkatan arus penumpang sebesar 714,9 ribu orang dari tahun sebelumnya sebanyak 612,7 ribu orang yang terkontribusi dari arus Lebaran.

"Kelihatannya laut lebih disukai pada Lebaran tahun ini, dan mungkin juga darat," katanya.

Elvyn juga memastikan semua pelabuhan yang dikelola IPC siap menyambut kedatangan dan keberangkatan para pemudik.

Khusus di Pelabuhan Tanjung Priok, IPC memberikan fasilitas mudik gratis untuk 2.000 pemudik tujuan Batam dan Surabaya dengan kapal laut.

"Selain itu, kami memfasilitasi sekitar 22.000 pemudik tujuan Jawa dan Sumatera. Kami menyiapkan 406 bus berstandar pariwisata dengan tujuan beberapa kota utama di Jawa dan Sumatera. Mudik gratis bersama IPC Grup 2019 juga memberikan layanan angkutan balik bagi pemudik yang hendak kembali ke Jakarta setelah berlebaran," jelasnya.

Guna meningkatkan pelayanan, perseroan juga telah mengujicoba penggunaan garbarata atau jembatan penumpang dari ruang tunggu ke kapal. Selama ini, penumpang di Pelabuhan Tanjung Priok masih harus menggunakan tangga manual.

"Kami sudah ujicoba minggu kemarin di KM Kelud dan itu berhasil. Diharapkan pelayanan terminal penumpang pada Lebaran kali ini sudah bisa menggunakan garbarata di Tanjung Priok," kata Direktur Teknik IPC Dani Rusli Utama.

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar