Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar kegiatan bertajuk Pasar Kreatif Jakarta dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta ke-492.

"Pasar Kreatif Jakarta itu adalah salah satu rangkaian dari ulang tahun kota Jakarta yang ke-492," ujar Kepala Bagian Kerjasama Daerah Biro Tata Pemerintahan Pemprov DKI Jakarta Marulina Dewi kepada ANTARA di Jakarta, Senin.

Kegiatan yang baru pertama kalinya diselenggarakan di Jakarta tersebut akan dilangsungkan selama dua hari, pada 22-23 Juni 2019 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Marulina mengatakan dalam pelaksanan Pasar Kreatif Jakarta, Pemprov DKI menggandeng sejumlah komunitas kreatif yang sudah dikenal oleh masyarakat, khususnya di kalangan milenial.

Komunitas-komunitas ini nantinya akan menghelat berbagai kegiatan menarik, seperti bazar dan pertunjukan musik. Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan ini yakni tentang pelestarian lingkungan dan wajah baru kota Jakarta.

"Tema besarnya adalah lingkungan dan wajah baru Kota Jakarta," ujar Marulina.

Kegiatan bertema pelestarian lingkungan yang akan diadakan antara lain penjualan pakaian bekas layak pakai yang diprakarsai oleh komunitas bernama Sadari Sedari. Komunitas ini memiliki misi untuk mengurangi limbah pakaian bekas di masyarakat.

"Jadi limbah-limbah (pakaian bekas layak pakai) anda itu bisa disumbangkan di Sadari Sedari, kemudian nanti akan dijual dengan harga yang lebih murah, kemudian hasil penjualannya akan diberikan kepada anak asuh," ucap Marulina.

Adapun "Wajah Baru Jakarta" merupakan tema yang diusung Pemprov DKI Jakarta pada ulang tahun yang ke-492 ini. Wajah baru yang dimaksud antara lain, beroperasinya MRT Jakarta, adanya Jembatan Penyeberangan Orang dengan desain yang unik, trotoar yang dibuat lebih lebar, integrasi moda transportasi dan lain sebagainya.

Pasar Kreatif Jakarta akan diikuti oleh sekitar 100 pelaku usaha kecil dan menengah dengan target pengunjung sebesar 20 ribu orang per hari.

Kegiatan ini juga didukung oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI), di mana proses transaksi yang dilakukan selama gelaran Pasar Kreatif Jakarta akan diarahkan menggunakan uang elektronik BRI yakni Brizzi.

Baca juga: Pemprov DKI mencanangkan HUT Kota Jakarta ke-492 tahun
Baca juga: Terminal Kalideres akan meriahkan HUT DKI dengan umbul-umbul
Baca juga: Hari ini HUT DKI Jakarta hingga bazar Lebaran
Baca juga: Pemprov gelar "Jakarta Karnaval" meriahkan HUT DKI

Pewarta: Fathur Rohman
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019