Jakarta (ANTARA) - Pengunjung yang sebelumnya memadati kawasan Tugu Monas untuk merayakan HUT DKI Jakarta ke-492, mulai membubarkan diri setelah objek wisata tersebut ditutup untuk umum pada pukul 21.30 WIB.

"Pengunjung kawasan Monumen Nasional kami beritahukan waktu kunjungan anda sudah berakhir, silahkan untuk segera meninggalkan kawasan Monas karena pintu-pintu akan segera kami tutup atau kami kunci," ujar salah seorang petugas menggunakan pengeras suara di dalam kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu.

Berdasarkan pantauan di lapangan, ratusan pengunjung mulai meninggalkan kawasan Monas dan ke luar melewati pintu-pintu gerbang yang berada di sejumlah titik, seperti di depan Jalan Medan Selatan dan Jalan Medan Merdeka Barat.

Sejumlah pengunjung yang baru datang dan ingin masuk ke kawasan Monas, dihalau oleh petugas yang berjaga, dan diarahkan untuk menuju Bundaran Hotel Indonesia, di mana kawasan tersebut merupakan titik utama perayaan HUT Jakarta.

"Silahkan bergeser ke kawasan Bundaran HI saja ya," ucap petugas yang berjaga.

Sementara itu, kepadatan terlihat di pintu keluar area parkir Monas, tepatnya di depan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Antrian kendaraan, yang didominasi kendaraan roda dua nampak mulai mengular di depan loket pembayaran parkir.

Arus kendaraan di depan Jalan Medan Merdeka Selatan arah Tugu Tani nampak tersendat akibat arus kendaraan yang keluar dari area parkir kawasan Monas.

Baca juga: Kawasan HI padat, warga rayakan HUT Jakarta di Monas

Baca juga: Pengunjung kecewa kawasan Monas ditutup pukul 21.30 WIB

Pewarta: Fathur Rohman
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019