Jakarta (ANTARA) -
Kejuaraan tenis khusus untuk atlet senior/veteran dengan tajuk "2019 Baveti Indonesia Open" di Elite Club Epicentrum, Rasuna, Jakarta, 31 Juli-4 Agustus dipastikan naik tingkat jika dibandingkan dengan kejuaraan yang sama edisi 2017.

"Ini merupakan kesempatan untuk meraih ITF Seniors point yang cukup signifikan. Kalau pada tahun 2017 dengan Grade 5, juara memperoleh 40 poin, sekarang dengan Grade 2 juara dapat memperoleh 120 poin," kata Ketua panitia pelaksana kejuaraan Johnny Lontoh dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, dengan naiknya tingkat atau Grade bakal menjadi daya tarik tersendiri bagi petenis senior usia di atas 40 tahun. Bahkan pihaknya telah menerima pendaftaran petenis dari beberapa negara seperti Argentina, Ghana, Inggris, Hong Kong, China, India, Amerika, Australia, Thailand, Singapura dan Malaysia.

"Sejumlah Pengurus Provinsi Baveti (Barisan Atlet Veteran Tenis Indonesia) juga sudah siap menerjunkan petenis-petenis veteran mereka pada kejuaraan internasional ini," katanya menambahkan.

Kejuaraan yang masuk edisi kedua dan masuk mata rantai dari ITF Seniors Circuit 2019 itu akan mempertandingkan nomor tunggal dan ganda dan memperebutkan hadiah sebesar US$ 12.000 atau setara dengan Rp171.600.000.

"Adapun kelompok usia yang dipertandingkan baik tunggal maupun ganda adalah untuk pria 40+, 45+, 50+, 55+, 60+, 65+ dan 70+. Untuk wanita adalah 40+, 50+ dan 60+," kata Direktur Turnamen "2019 Baveti Indonesia Open", Samudra Sangitan.

Menurut dia, pengelompokan nomor yang pertandingkan sesuai dengan aturan Federasi Tenis International (ITF Seniors) yang berlaku saat ini.

Sementara itu, Ketua Umum PP Baveti Theo L Sambuaga mengatakan kejuaraan bergengsi khusus atlet senior atau veteran ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

"Kami berharap kejuaraan tahun ini bisa sukses seperti kejuaraan yang sama sebelumnya," kata mantan Menteri Negara Perumahan Rakyat dan Permukiman Indonesia pada era Kabinet Reformasi Pembangunan itu.

Baca juga: Atlet veteran gelar Kejurnas pertama kali di Surakarta

Baca juga: Baveti bidik 100 pemain dalam IIMSTC 2017


Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019