counter

Liga 2

Persiba Tak Beruntung di Biak

Persiba Tak Beruntung di Biak

Yusuf Effendi (19), saat meyarakan golnya ke gawang Persatu Tuban 2 pekan lalu. Yusuf sudah mencetak 2 gol untuk Persiba dari posisinya sebagai gelandang menyerang. Satu lagi gol Yusuf dicetaknya di Biak saat Persiba lawan tuan rumah PSBS di Stadion Cendrawasih, Senin 29/7. Persiba kalah 2-1 di pertandingan itu. (novi abdi/Antara)

Balikpapan (ANTARA) - Skuad Beruang Madu tidak mampu mempertahankan keunggulan di menit ke-9 lewat gol Yusuf Effendi karena di akhir laga Liga 2 di Stadion Cendrawasih, Biak Numfor, justru berbalik kalah 1-2 dari tuan rumah PSBS Biak, Senin

“Kita memang kurang beruntung,” kata Pelatih Persiba Satia Bagdja usai pertandingan.

Dua gol PSBS dicetak oleh Hermansyah alias Manca di menit ke-42. Manca, tak lain dan tak bukan adalah pemain yang juga berasal dari Kota Minyak Balikpapan sendiri.

Gol kedua PSBS datang dari kesalahan bek-bek Persiba, sehingga bek Irvan Febrianto membuat gol ke gawang sendiri di masa injury time babak pertama.

Memasuki babak kedua, Beruang Madu berusaha bangkit. Pasukan Biru pun berhasil mencetak gol, tapi dianulir wasit Steven Yubel dari Manado.

Tuan rumah kemudian meningkatkan tensi permainan sehingga pertandingan berlangsung keras. Wasit Yubel sampai mengeluarkan 7 kartu kuning, 5 diantaranya untuk tuan rumah.

Faktor lain Persiba gagal membawa pulang poin adalah komunkasi yang tidak bagus, yang ditandai dengan gol bunuh diri tadi. Karena komunikasi jelek itu penjagaan kepada lawan tak maksimal dan upaya mencegah gol pun sia-sia.

“Gol mereka asal tendang saja ke gawang, dan mereka lebih beruntung,” kata Pelatih Bagdja.

Selain komunikasi, menurut mantan pelatih Tim Nasional Putri itu, Stevanus Bungaran dan kawan-kawan masih belum konsisten dalam cara bermain. Sesudah unggul 0-1, Persiba mengubah cara bermain dari menekan menjadi bertahan dan membiarkan diri ditekan.

“Mestinya kita tetap mengendalikan tempo permainan. Kuasai bola dan jangan lagi kasih passing ke belakang. Mestinya konsisten seperti itu,” kata Pelatih Bagdja.

Kekalahan ini membuat Persiba melorot ke posisi 9 di klasemen sementara Wilayah Timur Liga 2. Persiba hanya unggul produktivitas gol dari Madura FC yang sudah berada di zona degradasi.

"Kami mohon maaf belum bisa memberikan kemenangan. Kami akan berusaha lagi di laga selanjutnya," kata Pelatih Bagdja.

Persiba dijadwalkan kembali bermain tandang di akhir pekan ini, yaitu ke Martapura, Kalimantan Selatan, untuk menantang Laskar Sultan Adam Martapura FC. Pertandingan keduanya akan menjadi duel dua tim terluka, di mana anak-anak latih Frans Sinatra Huwae juga baru dikalahkan. Adalah tim yang akan dilawan Persiba berikutnya setelah Martapura yang mampu mencuri poin dari Kota Intan, Mitra Kukar. 

Baca juga: Posisi Persiba terus merosot di liga 2

Baca juga: Menang 2-1, PSBS Biak raih poin penuh atas Persiba Balikpapan


Pewarta: Novi Abdi
Editor: Aris Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar