Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian Saleh Husin menyatakan siap menjadikan industri lokal sebagai tuan rumah di negeri sendiri dan akan mempercepat program hilirisasi industri.
 
"Kemarin Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa para menteri tugasnya hanya menjalankan program-program yang dibuat oleh presiden. Maka itu, ada beberapa program yang nanti akan segera rapat dengan Menko untuk dijabarkan," ujarnya di Jakarta, Selasa.

Saat serah terima jabatan dengan MS Hidayat di kantor Kementerian Perindustrian, Saleh mengatakan program selanjutnya adalah membangun 10 kawasan industri di luar Pulau Jawa, termasuk di Kawasan Timur Indonesia, untuk memeratakan pertumbuhan industri.

Saleh akan menyelaraskan program-programnya dengan program yang sudah dijalankan pada masa kepemimpinan MS Hidayat.

Sebelum menjadi Menteri Perindustrian dalam Kabinet Kerja, Saleh adalah anggota DPR periode 2009-2014.

Pria yang lahir di Rote pada 16 September 1963 itu merupakan lulusan Universitas Krisnadwipayana (Unkris) pada 1996, yang kemudian melanjutkan studi magister administrasi publik di universitas yang sama dan lulus pada 2007.

Pada 1989, Saleh mengawali karir sebagai Direktur PT Shelbi Pratama dan kemudian menjadi komisaris PT Ades Alfindo Putra Setia, Tbk pada 1993.

Tahun 2001 ia bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN), lalu pindah ke Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan menjabat sebagai wakil sekretaris Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014