Bulu tangkis

134 peserta bersaing di final audisi beasiswa bulu tangkis 2019

134 peserta bersaing di final audisi beasiswa bulu tangkis 2019

Manajer Tim PB Djarum Fung Permadi (kanan) dan Legenda Bulutangkis Nasional sekaligus tim pencari bakat Audisi Umum Liem Swie King (kiri) memberikan paparannya dalam konferensi pers di GOR Djarum, Kudus, Jawa Tengah, Selasa (19/11/2019). (ANTARA/HO/PB Djarum).

Kudus (ANTARA) - Sebanyak 134 peserta akan bersaing memperebutkan beasiswa PB Djarum dalam Final Audisi Umum 2019 yang berlangsung pada 20-22 November di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah.

Para peserta tersebut dinyatakan lolos setelah mengikuti Audisi Umum di lima kota yakni Bandung, Purwokerto, Surabaya, Solo, dan Kudus. Mereka terbagi ke dalam kategori U-11 dan U-13 putra dan putri.

“Rangkaian audisi umum sudah dilaksanakan di lima kota. Dari 4.100-an ada 134 atlet dari U-11 dan U-13 putri dan putra yang akan mengikuti final,” ujar Manajer Tim PB Djarum Fung Permadi dalam konferensi pers di GOR Djarum, Kudus, Jawa Tengah, Selasa.

Baca juga: 30 peserta audisi raih super tiket, melaju ke final di Kudus

Jumlah tersebut menurun dibandingkan tahun lalu dengan total pendaftar mencapai 5.957 orang, sedangkan tahun ini hanya 4.118 orang.

Meski rangkaian Audisi Umum tahun ini hanya dilakukan di Pulau Jawa, Fung mengatakan bahwa animo dari para peserta yang ingin menjadi atlet binaan PB Djarum tetap tinggi. Tidak hanya itu, ia juga menilai bahwa kualitas dan standar permainan peserta pun mengalami peningkatan dari peserta audisi sebelumnya.

“Dari sisi kualitas dan standar terlihat ada peningkatan di teknik dasar dan skill bulu tangkis. Artinya para pelatih kita di daerah sudah lebih mengerti cara melatih,” ujarnya menambahkan.

Fung menjelaskan bahwa pada final audisi Rabu (20/11), para peserta akan menjalani dua kali pertandingan dengan sistem full games. Begitu pula di babak kedua yang digelar di hari berikutnya.

Baca juga: 48 peserta audisi bulu tangkis di Kudus lolos tahap turnamen

Pada Kamis (21/11), peserta akan kembali bertanding sebanyak dua kali sesuai kategori usia. Sedangkan pada hari terakhir yakni Jumat (22/11) pagi, peserta akan menjalani beep test atau tes berlari terus menerus di antara dua garis yang berjarak kurang lebih 20 meter.

Kemudian dilanjutkan pada sore harinya, para peserta akan kembali bertanding di GOR Djarum.

Dari final audisi umum yang diselenggarakan selama tiga hari itu, akan diumumkan peserta yang maju ke tahap karantina. Fase karantina akan digelar selama satu pekan mulai 23-29 November.

“Di fase karantina ini kami akan memperhatikan kegigihan para peserta dalam menjalani proses pembinaan. Kemudian yang kedua adalah kemampuan untuk beradaptasi,” kata Fung menjelaskan.

Kota Kudus yang merupakan seri terakhir audisi meloloskan sebanyak 30 peserta ke final Audisi Djarum Beasiswa Bulutangkis 2019. Kemudian ada Bandung (24), Purwokerto (26), Surabaya (26), dan Solo Raya (28).

Baca juga: Kapolda Jateng vs Liliyana Natsir ramaikan audisi bulu tangkis

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Mengintip fasilitas asrama PB Djarum di Kudus

Komentar