Gubernur California mulai 'tur tunawisma' cari dana atasi krisis

Gubernur California mulai 'tur tunawisma' cari dana atasi krisis

Ilustrasi tunawisma. (Foto Istimewa)

Tunawisma bukan hanya masalah di kota-kota kami, itu juga masalah pinggiran kota dan masalah pedesaan. Tidak ada warga California yang bisa mengatakan bahwa tunawisma adalah masalah orang lain,
Los Angeles (ANTARA) - Gubernur California memulai "tur tunawisma" selama sepekan pada Senin untuk mengumpulkan dana sebesar  750 juta dolar AS (sekitar Rp 10,5 triliun) untuk mengatasi semakin banyaknya orang yang hidup di jalanan, dimulai dari sebuah komunitas pedesaan untuk menunjukkan masalah yang banyak ditemui kota besar di San Francisco dan Los Angeles.

Gubernur dari Partai Demokrat, Gavin Newsom pekan lalu meminta anggota parlemen negara bagian untuk mengumpulkan dana tersebut  sebagai bagian dari anggaran 2020-21 dan berencana untuk mengajukan petisi kepada pemerintah federal untuk mendapatkan uang tambahan membantu program Medicaid California, layanan bagi para tunawisma.

"Tunawisma bukan hanya masalah di kota-kota kami, itu juga masalah pinggiran kota dan masalah pedesaan. Tidak ada warga California yang bisa mengatakan bahwa tunawisma adalah masalah orang lain," Newsom, 52, mengatakan dalam memulai tur di Grass Valley, sebuah kota berpenduduk sekitar 12.000 di pegunungan Sierra Nevada di timur laut Sacramento.

"Setiap sudut negara kita memiliki terlalu banyak orang yang hidup di jalanan. Dan krisis ini menekankan sumber daya publik, dari ruang gawat darurat hingga penjara hingga departemen pekerjaan umum. Dibutuhkan tingkat kemitraan yang belum pernah terjadi sebelumnya antara pemerintah daerah, negara bagian, dan pemerintah federal," Newsom mengatakan dalam pernyataan.

Baca juga: 500 ribu orang lebih tunawisma di Amerika Serikat
Baca juga: Kirk Douglas, Ford Layani Tunawisma pada Acara Thanksgiving


Diperkirakan 130.000 orang kehilangan tempat tinggal di suatu tempat di California pada hari tertentu, lebih dari negara bagian lain, menurut Departemen Perumahan dan Pengembangan Perkotaan AS (HUD). California, rumah bagi sekitar 39,6 juta orang, adalah negara bagian terpadat di Amerika Serikat.

Newsom dan pejabat California lainnya sempat berkonflik dengan Presiden AS Donald Trump atas masalah ini, dengan Trump menyalahkan para pemimpin negara bagian dan lokal karena gagal menyelesaikan masalah.

Pada kunjungan ke San Francisco dan Los Angeles pada bulan September, Trump mengatakan kondisi di jalan-jalan mereka termasuk sampah, kotoran, dan jarum suntik yang ditinggalkan oleh para tunawisma merusak keindahan mereka.

Pada bulan yang sama Sekretaris HUD Ben Carson menolak permintaan uang federal yang lebih banyak.

Walikota Los Angeles Eric Garcetti secara resmi meminta administrasi Trump untuk bantuan federal pada Senin dalam sebuah surat yang mengindikasikan kedua pihak telah melakukan negosiasi yang produktif mengenai masalah tersebut.

Newsom, yang pekan lalu menyerukan untuk mendirikan rumah dan tenda darurat milik negara, bergabung dengan pembuat undang-undang negara bagian dan lokal dalam kunjungan ke dua tempat penampungan tunawisma di Grass Valley, Senin.

Tur gubernur bagian pertama juga akan membawanya ke Los Angeles County, daerah Teluk San Francisco dan Central Valley.

Sumber: Reuters
Baca juga: Pria Tunawisma Ditahan Setelah Melompati Pagar Gedung Putih
Baca juga: Miley Cyrus serahkan pidato kemenangan ke tunawisma

 

Penerjemah: Atman Ahdiat
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar