Tanda Anda sebaiknya beli sepatu lari baru

Tanda Anda sebaiknya beli sepatu lari baru

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Jika Anda tak rajin melacak jarak tempuh untuk sepatu Anda, Masih ada tanda visual yang menunjukkan kapan saatnya mengganti sepatu Anda.

"Periksa bagian bawahnya: Jika tapaknya hilang, mungkin sudah waktunya (mengganti sepatu)," kata Greg Laraia, pelatih atletik dan konsultan lari di Custom Physical Therapy di New York, seperti dilansir Livestrong.

"Jika Anda merasa seperti memukul-mukul tanah dengan setiap langkah - atau jika Anda merasa lengkungan (kaki) Anda semakin sakit, mungkin sudah waktunya untuk menggantinya," sambung dia.

Nyeri kaki dan keketatan betis juga tanda kaki Anda bekerja lebih keras dan menyerap lebih banyak dampak lari.

Baca juga: Kenali kaki sebelum beli sepatu lari

Baca juga: Sakit jantung kronis, mantan bos perusahaan sepeda Shimano meninggal


Saat akan membeli sepasang sepatu baru, pertimbangkan berbelanja di toko olahraga setempat yang ada seorang spesialis untuk membantu Anda menentukan berapa banyak Anda melakukan pronasi dan memilih sepatu demi menghindari cedera.

Pronasi merupakan cara telapak kaki bergulir ke depan (berotasi) ketika kaki mendarat di permukaan saat berlari.

"Sepatu yang terlalu keras, berpotensi membatasi pronasi terlalu banyak, berkontribusi pada cedera seperti fraktur," tutur Jolan Browne, ahli terapi fisik dan spesialis ortopedi di Orthopedic Center Langone, NYU.

"Di sisi lain, berlari pakai sepatu yang tidak memiliki cukup dukungan, seperti sepatu minimalis, dapat menyebabkan jumlah pronasi berlebihan, yang dikaitkan dengan cedera seperti nyeri patellofemoral (atau lutut), plantar fasciitis dan sindrom band iliotibial," imbuh dia.

Selain itu, pertimbangkan medan tempat Anda akan berlari. Menurut Laraia, semua sepatu dirancang untuk kebutuhan spesifik.

Sepatu dengan jejak lebih besar, misalnya biasanya lebih banyak perlindungan terhadap permukaan yang tidak rata, dan sering tahan air.

Cobalah untuk berbelanja di sore atau malam hari, ketika kaki Anda berada pada titik terbesarnya. Cara ini akan membantu Anda menghindari membeli pasangan yang terlalu kecil, yang cenderung mengakibatkan lecet bagi banyak pelari, kata Browne.

"Kebanyakan toko sepatu lari akan memungkinkan Anda untuk mencoba sepatu dalam waktu yang singkat. Sepatu lari harus nyaman segera setelah dipakai," tutur Browne.

Anda bisa memperpanjang umur sepatu lari Anda dengan mengenakannya untuk berlari.

"Sepatu lari secara khusus dirancang agar paling efisien dengan gerak lari," demikian kata Browne.

Baca juga: Kapan harus ganti sepatu lari?

Baca juga: Sepatu lari ini bisa lacak kecepatan hingga irama langkah

Baca juga: Jangan lakukan hal ini sebelum ikut lari marathon

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Curhat Mantan Dirut Jiwasraya : Saya tidak lari ke luar negeri

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar