Bekasi (ANTARA News) - Menteri Pekerjaan Umum (PU)  Djoko Kirmanto mengemukakan  proyek banjir kanal timur (BKT) akan selesai pada Januari 2010 dan akan bermanfaat mengurangi banjir di ibukota pada saat musim hujan.

Usai melakukan penanaman pohon dalam rangka hari bakti PU 2009 di Bekasi, Sabtu, Djoko  menegaskan, meski sudah bisa difungsikan Januari 2010 namun pekerjaan pemasangan tiang pancang dan  penembokan akan berlanjut.

"Bila BKT selesai, air yang tumpah deras saat hujan bisa dialirkan ke ke laut, termasuk nantinya projek banjir kanal barat. Kegiatan penyelesaian BKT itu masuk dalam program 100 hari kerja Departemen PU," ujarnya.

Menteri PU mengemukakan, pembebasan lahan menjadi tugas dari Pemprov DKI sedangkan  PU  melaksanakan pembangunan fisik BKT. Ia mengimbau masyarakat mau melepaskan tanahnya untuk kepentingan yang lebih besar yaitu proyek BKT.

"Tidak ada ganti rugi dengan harga murah terhadap tanah yang terkena BKT. Semua dibayar dengan harga pantas. Kalau itu jadi justru masyarakat luas yang lebih banyak menikmati," ujarnya.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009