Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Pariwisata Provinsi Bali menerima bantuan 18 fasilitas wastafel tempat cuci tangan portable pedal untuk 9 lokasi daya tarik wisata (DTW) Bali dari tiket.com.

Sembilan lokasi wisata kota dan kabupaten yang mendapat dukungan sarana fasilitas tempat cuci tangan diantaranya Desa Wisata Sangeh, Air Panas Banjar, Jatiluwih, Tirta Empul, Pantai Sanur, Ceking, Desa Wisata Bakas, Desa Wisata Penglipuran dan Kawasan Pura Besakih.

Bantuan ini adalah bagian program Corporate Social Responsibility (CSR) tiket.com yang diterima di Pura Tirta Empul, Gianyar, Bali, Rabu (23/9), sebagai salah satu lokasi yang menjadi titik pemasangan wastafel tempat cuci tangan.

"Kami dari pihak Dispar membantu melakukan rekomendasi DTW kota dan kabupaten, survei, serta pendampingan untuk untuk menyisir ranah DTW yang dikelola masyarakat secara langsung dan yang belum memiliki fasilitas kebersihan yang mencukupi," kata I Putu Astawa, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, dalam siaran resmi, dikutip Jumat.

Dia berharap protokol kesehatan bisa diterapkan di lokasi wisata tersebut demi keamanan seluruh pengunjung.

Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, mengatakan ini bantuan ini adalah bagian dari kampanye menerapkan protokol kesehatan untuk wisatawan agar tetap sehat saat kembali liburan, juga dukungan untuk destinasi pariwisata di Indonesia.

“tiket.com selalu siap untuk ikut berkontribusi terhadap program pemerintah terutama dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19 serta penerapan protokol kebersihan di tempat wisata," ujar Gaery.

"Kali ini kami fokuskan bantuan di lokasi Bali yang menjadi destinasi percontohan adaptasi kebiasaan baru, dan 9 lokasi ini adalah DTW yang dikelola oleh masyarakat yang membutuhkan bantuan fasilitas sanitasi," kata Gaery.

Sebelumnya, Dinas Pariwisata Provinsi Bali telah bekerja sama dengan tiket.com dalam kegiatan CSR paket bantuan untuk pekerja harian sektor pariwisata di Bali akibat dampak pandemi pada Mei lalu.

Tiket.com menggandeng Antis sebagai partner untuk memberikan fasilitas sanitasi tambahan berupa hand sanitizer dispenser stand sebanyak 18 fasilitas yang juga akan diletakkan di sembilan lokasi DTW.


Baca juga: Adaptasi kebiasaan baru, di Jepang tak boleh ciuman di bar

Baca juga: Kampanye wisata Jepang diawasi ketat akibat lonjakan COVID-19 di Tokyo

Baca juga: Meksiko perketat aturan corona di tempat wisata

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020