Saham Eropa bangkit, ditopang kenaikan pertambangan dan otomotif

Saham Eropa bangkit, ditopang kenaikan pertambangan dan otomotif

Ilustrasi: Operator pasar saham Euronext bekerja di pusat ruang pengawasan layanan pasar di markas baru Euronext di distrik bisnis dan keuangan La Defense di Courbevoie dekat Paris, Prancis. ANTARA/REUTERS/Benoit Tessier/am.

Jakarta (ANTARA) - Saham Eropa naik pada awal perdagangan hari Rabu karena sektor-sektor yang sensitif ekonomi seperti pertambangan dan produsen mobil pulih dari penurunan tajam di sesi sebelumnya, dipicu oleh penurunan imbal hasil obligasi.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa naik 0,5 persen pada pukul 07.16 GMT. Pada Selasa lalu indeks turun mematahkan kenaikan beruntun tiga hari sebelumnya karena penurunan tajam imbal hasil obligasi AS dan zona euro menyusul munculnya kekhawatiran tentang pemulihan ekonomi global.

Saham-saham perusahaan pertambangan, minyak & gas dan pembuat mobil, yang anjlok pada perdagangan hari Selasa, mengalami kenaikan antara 1,0 persen dan 1,3 persen.

Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih tenang, setelah naik 3 hari beruntun

Perusahaan minyak utama yang terdaftar di Inggris, Royal Dutch Shell, naik 2,7 persen setelah mengatakan akan meningkatkan nilai manfaat bagi pemegang saham melalui pembelian kembali saham atau dividen.

Perusahaan perangkat lunak Jerman SAP naik 2,7 persen, karena Bank of America meningkatkan peringkat investasi perusahaan dua tingkat menjadi "buy".

Investor masih menunggu pernyataan kebijakan Federal Reserve pada sore hari, yang dapat menjelaskan rencana bank sentral AS itu dalam hal pengurangan pembelian
aset.

Baca juga: Saham Inggris dibuka naik, terkerek sektor pertambangan dan energi


 

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar