Tips rancang rumah ala Scandinavian minimalism

Tips rancang rumah ala Scandinavian minimalism

Ilustrasi menempatkan furnitur rumah ala Scandinavian minimalism (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Anda yang tertarik memiliki rumah dengan mengusung konsep Scandinavian minimalism bisa mengintip tips dari influencer rumah @Rumasix, Marlia dari hasil pengalamannya mendekorasi rumah developer miliknya dengan konsep serupa.

Konsep Scandinavian minimalism seperti dikutip dari scandification.com menggabungkan kesederhanaan, kenyamanan (hygge) dan kepraktisan. Konsep ini tentang membuat rumah menjadi indah tetapi juga praktis dan nyaman sehingga Anda dapat merasa benar-benar santai dan damai.

Untuk menerapkannya, Marlia mengubah pintu dan jendela rumah bawaan developer menjadi pintu kaca geser untuk memunculkan kesan yang lebih luas, lalu merancang ulang halaman belakang rumahnya menjadi taman minimalis, sehingga rumah terlihat lebih asri.

Baca juga: Lima kiat menata tanaman hias untuk segarkan suasana rumah

Baca juga: Lima tips dekorasi rumah praktis sambut libur akhir tahun


Dari sisi isi rumah, Marlia menempatkan furnitur yang minimalis, seperti memilih desain furnitur dan cat yang sederhana serta tidak terlalu banyak detail guna semakin menonjolkan kesan hunian Skandinavian.

Dia memberikan tips saat mengisi rumah, salah satunya mengukur furnitur sebelum membeli. Dia mengaku memiliki tiga alat meteran untuk memastikan ukuran furnitur sesuai dengan ruang yang tersedia untuk furnitur tersebut akan ditempatkan.

Berikutnya, utamakan furnitur esensial yakni mendahulukan furnitur yang benar-benar dibutuhkan dan fungsional serta hindari produk yang sifatnya murni dekoratif atau komplementer.
Langkah selanjutnya, belilah furnitur yang mengikuti layout rumah, dan pilihlah yang memiliki tone senada.

"Misalnya, kita memilih tone putih atau warna kayu. Nah kayu sendiri sebenarnya kan punya banyak macam seperti oakwood dan walnut, itu sama-sama kayu tapi ada yang (warnanya) gelap dan terang. Jadi menurut kami, warna kayunya bisa disesuaikan menjadi satu tone saja, jadi lebih enak dilihat," tutur dia seperti dikutip dari siaran pers Pinhome, dikutip Selasa.

Marlia juga menyarankan Anda untuk mengisi rumah dengan tempat penyimpanan yang minimalis. Hal ini guna menghindari hasrat belanja yang datang terus-menerus, padahal belum tentu barang yang dibeli akan sangat dibutuhkan.

Terakhir, sebaiknya pilihlah furnitur multifungsi demi memberikan kesan luas saat berada di rumah, khususnya bagi rumah dengan lahan terbatas.

"Misalnya di Rumasix, meja rias kami juga digunakan untuk meja kerja. Lalu dipan kasur, kami pilih dipan yang ada storage di bawahnya. Jadi selain untuk tempat tidur, (storage ini) juga bisa untuk menyimpan barang-barang seperti bed cover, sprei, dan semacamnya," demikian kata Marlia.

Baca juga: Didiet Maulana merambah ke koleksi dekorasi rumah

Baca juga: Warna putih jadi tren produk rumah tangga selama pandemi COVID-19

Baca juga: Tidak mudik? Hiasi rumah dengan ornamen agar cantik saat lebaran

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar