Jakarta (ANTARA) - Saham Eropa beragam pada awal perdagangan pada hari Senin, karena penurunan harga komoditas menekan indeks saham unggulan Inggris, sementara indeks regional lainnya tetap berada di dekat level tertinggi baru-baru ini di tengah musim pendapatan yang mulai mereda.

Produsen minyak Royal Dutch Shell, BP dan TotalEnergies tergelincir sekitar satu persen karena harga minyak mentah turun lebih dari 2 persen di tengah kekhawatiran bahwa pembatasan pandemi COVID-19 di Asia akan mengurangi permintaan bahan bakar.

Perusahaan pertambangan termasuk Rio Tinto, BHP Group dan Glencore juga jatuh karena harga logam yang lebih lemah.

Indeks FTSE 100 yang padat komoditas di Inggris turun 0,2 persen, sementara CAC 40 Prancis dan DAX Jerman naik lebih dari 0,1 persen.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa mencatat kinerja mingguan terkuat sejak pertengahan Maret pada hari Jumat, didukung kesibukan berbagai aktivitas kesepakatan bisnis dan musim pendapatan yang kuat.

Grup konsultan TI Prancis Atos naik empat persen, memperpanjang kenaikan Jumat setelah laporan perusahaan ekuitas swasta berminat pada saham perusahaan tersebut.

Perusahaan pengiriman makanan Inggris, Deliveroo, melonjak 3,9 persen setelah Delivery Hero dari Jerman membeli 5,09 persen saham perusahaan tersebut.
 

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021