Konten podcast komedi dan horor paling digemari di Spotify Indonesia

Konten podcast komedi dan horor paling digemari di Spotify Indonesia

Spotify. (Pexels)

Jakarta (ANTARA) - Head of Studios for Southeast Asia Spotify Carl Zuzarte mengatakan bahwa konten komedi dan horor merupakan konten podcast yang paling digemari di platform audio digital tersebut di Indonesia.

"Dari segi konten, pendengar di Indonesia cenderung menyukai podcast dengan topik atau genre berupa komedi, horor, motivasi dan pengembangan diri, hingga kesehatan," kata Zuzarte dalam jumpa pers secara daring, Kamis.

Baca juga: Review - Daily Drive dari Spotify, playlist paduan musik dan berita

Lebih lanjut, ia mengatakan, pertumbuhan baik bagi pendengar maupun kreator podcast (podcaster) di Indonesia dan Asia Tenggara terus meningkat dari waktu ke waktu. "Pertumbuhannya bisa terbilang tinggi dari sisi kreator maupun pendengar. Podcast adalah cara ideal untuk menghibur, menginspirasi, dan membuat rileks para pendengar di momen screenless," jelasnya.

Hal ini didukung dengan fakta bahwa saat ini terdapat 2,9 juta lebih konten podcast di Spotify secara global. Peran serta para podcaster ini, menurut Zuzarte, merupakan bahan bakar dari pertumbuhan ekosistem konten audio tersebut.

"Kreator memegang peran utama dalam ekosistem podcast. Sehingga, kami di Spotify terus mendukung dan membangun kerja sama dengan mereka. Kami sangat berinvestasi dan bersemangat untuk membangun komunitas ini," ujarnya.

Di Indonesia sendiri, Zuzarte memaparkan bahwa pendengar podcast di Spotify didominasi oleh generasi muda. Sebanyak 83 persen milenial dan 66 persen merupakan generasi Z. Kedua generasi ini sependapat bahwa mereka menggunakan audio untuk menurunkan tingkat stres mereka.

Di sisi lain, sebanyak 62 persen milenial dan 42 persen gen Z mengatakan mereka mendapatkan lebih beragam konten kreator dan podcast mulai dari tahun lalu.

Zuzurte melanjutkan, pada Desember 2019, Spotify meluncurkan Indonesia Exclusive. Lalu pada September 2020, konten spesial tersebut bertumbuh sebanyak 23 Exclusives dan 5 Original Spotify di Indonesia.

Adapun Spotify memberikan sejumlah fitur dan strategi untuk mendorong para podcaster untuk tetap berkarya dan menarik pendengar-pendengar baru. Zuzurte mengatakan pihaknya fokus kepada tiga hal yaitu Membangun Katalog (Building Catalog), Konten Originals dan Exclusive, dan inovasi di fitur Penjelajahan (Discovery).

Selain itu, Spotify menghadirkan fitur daftar putar (playlist) baru di Indonesia baru-baru ini bertajuk "Teman Perjalananmu" ("Your Daily Drive"), yang menggabungkan acara bincang-bincang, acara berita terbaik, termasuk relevansi dan kepribadian pembawa acara, dengan streaming audio terbaik (sesuai permintaan, pemutaran dan penemuan yang dipersonalisasi).


Baca juga: Album "Donda" Kanye West pecahkan rekor Spotify

Baca juga: Justin Bieber pecahkan rekor pendengar bulanan terbanyak di Spotify

Baca juga: Spotify uji coba paket terbarunya "Spotify Plus"

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

INDEF dukung pemerintah pungut PPN Google, Amazon, Netflix, dan Spotify

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar