Riau peroleh hibah mobil Lab PCR dari Kemendagri senilai Rp3,89 miliar

Riau peroleh hibah mobil Lab PCR dari Kemendagri senilai Rp3,89 miliar

Hibah satu unit mobil Lab PCR senilai Rp3,89 miliar dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Mendagri Tito Karnavian untuk menggencarkan tes PCR di Riau. ANTARA/HO-Diskominfotik Riau.

akan beroperasi terutama di kabupaten/kota yang belum memiliki laboratorium untuk pemeriksaan sampel pasien COVID-19
Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau menerima hibah satu unit mobil Lab PCR senilai Rp3,89 miliar dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, untuk menggencarkan tes PCR di daerah itu.

Mobil seharga Rp3,8 miliar itu diserahkan Plt Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro kepada Gubernur Riau H Syamsuar, di Gedung Kemendagri, Jakarta, Selasa.

Turut mendampingi Syamsuar, Sekretaris Daerah Provinsi Riau SF Hariyanto dan Kepala BPKAD Provinsi Riau Indra SE.

Mobil berukuran besar itu rencananya akan dibawa langsung ke Riau agar dapat dioperasionalkan secara situasional ke berbagai kabupaten/kota se-Riau. Ada dua provinsi yang mendapat hibah Mobil Lab PCR ini, yakni Riau dan Provinsi Kalimantan Barat.

"Kita tentu mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas bantuan dari Bapak Mendagri ini. Mudah-mudahan kasus COVID-19 di Riau dapat kita atasi. Antara lain dengan menggencarkan tes PCR," kata Syamsuar.

Syamsuar menyebutkan mobil Lab PCR ini nanti akan beroperasi terutama di kabupaten/kota yang belum memiliki laboratorium untuk pemeriksaan sampel pasien COVID-19.

Saat ini kabupaten/kota yang sudah mempunyai Lab PCR antara lain, Bengkalis, Dumai, Siak, Inhil dan Kota Pekanbaru.

PCR adalah Real Time Polymerase Chain Reaction. PCR merupakan mekanisme membaca kode genetik pada sampel untuk mengetahui keberadaan COVID-19. Test PCR merujuk pada Reverse Transcriptase-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). 
Baca juga: Gubernur: Kepala sekolah di Riau harus disiplin terapkan prokes
Baca juga: Riau mencatat kasus COVID-19 nihil pada Minggu
Baca juga: Capaian vaksinasi di Riau baru 41,6 persen

Pewarta: Frislidia
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Riau siapkan 30.000 hektare lahan untuk food estate

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar