Jakarta (ANTARA) - PSIM Yogyakarta memastikan satu tempat di semifinal Liga 2 setelah mengalahkan Sulut United dengan skor 1-0 pada laga terakhir Grup Y babak delapan besar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Kamis.

Pada pertandingan ini, satu-satunya gol yang diciptakan oleh PSIM Yogyakarta lahir pada menit ke-76 dari kepala Syarif Wijianto, yang memanfaatkan umpan sepak pojok dari Benny Wahyudi.

Kemenangan ini membuat PSIM Yogyakarta berhak lolos ke semifinal Liga 2 dengan berstatus runner-up Grup Y dan akan menghadapi Rans Cilegon FC yang keluar sebagai juara Grup X pada Senin (27/12) mendatang.

Pada babak pertama, PSIM Yogyakarta menekan terlebih dahulu, dan pada menit ke-2 Arbeta Rokyawan membuat kemelut di kotak penalti Sulut United, namun tidak berbuah menjadi gol.

PSIM Yogyakarta lebih dominan dalam menyerang pada babak pertama, namun penyelesaian akhir masih menjadi masalah bagi Laskar Mataram sehingga belum mampu mencetak gol.

Di sisi lain, Sulut United sesekali melakukan serangan ke lini pertahanan PSIM Yogyakarta, namun tidak ada peluang yang membahayakan gawang yang dijaga oleh Imam Arief Fadillah tersebut.

Baca juga: PSIM Yogyakarta berharap hasil terbaik ketika hadapi Sulut United 

Hingga babak pertama usai, baik PSIM Yogyakarta dan Sulut United tidak mampu mencetak gol dan unggul terlebih dahulu, yang membuat skor 0-0 bagi kedua tim tetap bertahan sampai turun minum.

Pada babak kedua, PSIM Yogyakarta kembali menciptakan kemelut di kotak penalti Sulut United, namun eksekusi Sugeng Effendi masih melambung di atas mistar gawang Fery Bagus Kurniawan pada menit 53.

PSIM Yogyakarta kembali memiliki peluang emas ketika penyerang sayap Hapidin mengeksekusi tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Sulut United, namun tendangannya masih bisa ditepis oleh Fery Bagus Kurniawan.

Selanjutnya giliran Sulut United yang memberikan ancaman ketika Noprihanis melepaskan tembakan di kotak penalti Sulut United, namun upayanya tersebut masih bisa ditepis Imam Aried Fadillah pada menit 72.

PSIM Yogyakarta akhirnya unggul lebih dulu melalui sundulan Syarif Wijianto, yang memanfaatkan sepak pojok dari Benny Wahyudi pada menit ke-76, dan membuat Laskar Mataram unggul 1-0.

Berusaha mengejar ketertinggalan, Sulut United harus bermain dengan 10 orang karena Andre Oriza menerima kartu merah lantaran melakukan pelanggaran keras kepada Nanda Nurrandi pada menit 85.

Unggul satu pemain, PSIM Yogyakarta lebih leluasa menjalani pertandingan, namun hingga babak kedua usai, skor 1-0 untuk keunggulan Laskar Mataram atas Sulut United tetap bertahan. 

Baca juga: Sulut United siap hadapi PSIM Yogyakarta 
Baca juga: Seto sebut kondisi fisik pemain PSIM menurun saat ditahan PSMS Medan 
 

Penerjemah: Aldi Sultan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021