Kondisi saya baik-baik, macam biasa saja, seperti tidak kena COVID-19, karena saya kan sudah booster
Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau Syamsuar menjalani isolasi mandiri (isoman) di Rumah Dinas Gubernur Riau Jalan Diponegoro Pekanbaru, setelah dinyatakan positif terinfeksi COVID-19.

Dihubungi di Pekanbaru, Kamis, saat menjalani isoman, Syamsuar menyampaikan bahwa dirinya saat ini dalam kondisi tanpa gejala.

"Kondisi saya baik-baik, macam biasa saja, seperti tidak kena COVID-19, karena saya kan sudah booster. Jadi vaksin ketiga kali ini menunjukkan bahwa kalaupun kena ringan-lah," ujarnya.

Syamsuar juga menyampaikan kondisi keluarga setelah dilakukan pemeriksaan PCR semua negatif COVID-19.

Baca juga: Gubernur Riau positif terinfeksi COVID-19 untuk kedua kalinya

"Keluarga Alhamdulillah sehat-sehat, dan hasil PCR negatif semua. Ibu (istri) sehat, sekarang ibu sedang main tenis. Tapi kamar kami terpisah dengan ibu," terangnya.

Ditanya apa ada gejala nafsu makan berkurang, Syamsuar menyatakan nafsu makan seperti biasa, penciuman juga tidak terganggu.

"Selera makan tetap, semua yang ada bisa dimakan. Macam biasa saja tak ada gejala. Karena saya kan sudah pernah kena COVID-19, jadi kena yang kedua beda sekali," katanya.

Syamsuar dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 berdasar tes usap PCR yang dilakukan pada 15 Februari 2022.

Syamsuar sebelumnya pernah dinyatakan positif COVID-19 pada Desember 2020. Saat itu, orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning ini sempat dirawat bersama sang istri di rumah sakit dengan gejala ringan.

Baca juga: PSU di Riau harus sesuai protokol kesehatan

Juru bicara Satgas COVID-19 Riau dr. Surya Hajar Fitria Dana, Sp.P(K) mengatakan, meskipun terkonfirmasi positif, namun tanpa gejala. 

"Pak Gubernur saat ini kondisinya tanpa gejala, tidak ada gejala sehingga melakukan isolasi mandiri di rumah," kata dr Surya Hajar.

Gubernur Riau Syamsuar juga telah melakukan vaksin booster sehingga COVID-19 yang menyerangnya kurang begitu berpengaruh. Syamsuar mengaku sudah cek keseluruhan.

Baca juga: Gubernur Riau jalani pemulihan setelah negatif COVID-19

Tercatat saturasi normal antara 97-98. Selain itu, Syamsuar juga melakukan cek paru-paru dan darah seluruhnya normal dan tidak ada masalah.

"Paru-paru saya bersih. Untuk darah semua cek juga normal tidak ada masalah. Ya kemungkinan ini karena saya sudah vaksin booster," katanya.

Syamsuar mengimbau masyarakat yang belum vaksin untuk dapat segera vaksin. Kemudian, juga tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Gubernur Riau dan istri positif COVID-19 dipantau 11 dokter

Pewarta: Frislidia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022