Jakarta (ANTARA) - Perenang keturunan Indonesia-Amerika Serikat, Kaikea Putra Boyum Crews, siap berjuang bersama tim nasional renang dalam SEA Games Vietnam yang akan berlangsung Mei mendatang.

Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) Harlin Rahardjo mengatakan saat ini Kaikea adalah perenang 100 meter gaya punggung putra tercepat sejak PON XX Papua.

"Jadi waktunya Kaikea kemarin dibanding perenang-perenang lain di 100 meter gaya punggung Indonesia sejak PON bahkan juara PON yang lalu itu Kaikea masih lebih baik," kata Harlin dalam bincang online, Rabu.

Pada PON 2021 Papua nomor 100 meter gaya punggung medali emas diraih Siman Sudartawa dengan catatan 56,18 detik, kedua Farrel Armandio Tangkas 56,24 detik dan Dwiki Anugerah 58,09 detik. Sementara, Kaikea mencatatkan 56,09 detik untuk nomor yang sama.

PB PRSI telah menggelar Seleksi Nasional (Seleknas) Time Trial menuju SEA Games Vietnam di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Jakarta, pekan lalu. Kaike juga melakukan time trial di California, Amerika Serikat, pada 12 Maret.

Harlin mengatakan PB PRSI belum memutuskan siapa saja yang pasti berangkat mengikuti SEA Games Vietnam. Namun, dia mengungkapkan Kaikea termasuk salah satu atlet yang dipertimbangkan untuk masuk tim Indonesia.

Baca juga: Perenang pelatnas masih mendominasi time trial SEA Games hari pertama

"Semoga nanti Kaikea bisa improve terus prestasinya masih ada dua bulan nih, masih ada delapan minggu kurang sedikit lah," kata Harlin.

SEA Games Vietnam sangat berarti bagi Kaikea karena perenang berusia 19 tahun itu adalah anak perenang nasional yang sudah enam kali membela Indonesia dalam ajang SEA Games, yakni Metri Widya Pangestika.

Meitri menjadi atlet angkatan terakhir dari renang yang mempersembahkan medali, tepatnya medali perunggu estafet 4x100 meter gaya bebas putri pada ajang Asian Games 1990 di Beijing, bersama Khim Thia Fei, Yen Yen Gunawan dan Elfira Rosa Nasution.

"SEA Games itu sangat penting bagi saya, perasaan saya amat sangat bangga apabila bisa membela tim Indonesia, nomor andalan saat ini 200 dan 100 punggung," kata Kaikea.

"Dan, harapannya saya bisa membela Indonesia terutama untuk keluarga, mama saya, dan semua masih tinggal di Indonesia, jadi bisa membanggakan mereka dan berprestasi buat mereka, semoga."

Sebelumnya Kaikea sudah dua kali membela Indonesia saat SEA Age Group Swimming Championship 2017 di Brunei Darussalam dan Kejuaraan Dunia renang junior 2019 di Budapest, Hungaria.

Baca juga: Perenang muda bersinar di seleksi nasional SEA Games Vietnam

selanjutnya, Beprestasi untuk Indonesia

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022