Jakarta (ANTARA News) - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mewisuda sebanyak 2.803 lulusan dalam sidag terbuka senat guru besar UNJ yang dipimpin Rektor perguruan tinggi itu Prof Dr Bedjo Sujanto, MPd, hari Sabtu.

Para lulusan yang diwisuda terdiri dari 370 orang program Diploma, 2034 orang Sarjana, 304 orang Magister Pendidikan, dan 95 orang Doktor. Sampai dengan semester ini, jumlah alumni UNJ sebanyak 78.901 orang.

Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan 4 hal yang harus dimiliki para lulusan UNJ yaitu berusaha tumbuh menjadi pribadi yang besar, membentuk pribadi yang kokoh dan berkarakter, menjadi pribadi yang mampu berpikir besar, dan menjadi pemenang kehidupan.

"Bekal saudara berupa ilmu pengetahuan yang diperoleh selama kuliah maupun aktivitas kampus lainnya, akan dianggap berguna, apabila Saudara mampu memberikan peran yang sesuai dengan predikat seorang Sarjana, Magister, ataupun Doktor," katanya.

Rektor mengatakan, tidak ada sesuatu yang baik atau besar, datang dengan tiba-tiba dan terjadi tanpa proses yang benar. Oleh karena itu, perlu melakukan secara benar apa yang diyakini benar, karena dengan cara itulah para lulusan telah berinvestasi demi hari depan.

"Perbanyaklah investasi kebaikan dan persahabatan, dan dengan cara itu berarti saudara sedang menyemai masa depan," katanya.

Ia mengharapkan, agar para lulusan UNJ meraih semua keberhasilan itu dengan perjuangan keras, karena hanya dengan cara itu, akan menjadikan saudara menjadi manusia yang lebih tangguh. "‘Hidup kita adalah hasil pikiran kita’, dan ‘Kehidupan yang besar selalu dimulai dengan impian-impian besar’, demikian kata orang bijak," katanya.

Rektor juga berharap, agar para wisudawan menjadi pemenang dalam kehidupan. "Para pemenang tidak melakukan hal-hal berbeda, mereka hanya melakukan hal-hal biasa, dengan cara yang berbeda," katanya.

"Dengan demikian tugas kita adalah mencari cara yang memungkinkan kita menjadi pemenang. Cara yang kita tempuh tidak harus seragam, yang terpenting adalah ‘ending’ dari proses itu adalah sukses, positif dan konstruktif," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Rektor UNJ memberikan enghargaan kepada mahaiswa berpretasi selama 2010/2011 dari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) yaitu Linda Dwi Putri Juniawan, Juara II Duta Bahasa Nasional 2010, dan menjadi Finalis Abang None Jakarta dan Miss Indonesia 2011.

Dari FMIPA yaitu Eko Widodo, Supriyadi, Ganendrajati, dari Jurusan Fisika, sebagai Finalis Lomba Roket Nasional Komurindo LAPAN di Yogyakarta, 2011. Asep Abdul Gofar, Ali Sibro Malisi, Yosep hidayat, dari Jurusan Kimia, sebagai Finalis Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional, di Unhas, 2011.

Kemdian Melia Ferania, Allay Maududi dari jurusan Biologi, terpilih mengikuti riset biologi Molekuler di university of Yamaguchi-Ube Jepang, dibimbing oleh Prof Yokio Hattori & Prof Yasihiro Yamashiro.

Dari Fakultas Teknik (FT) yani Juara III Karate antar mahasiswa se Indonesia di Solo, dikelas Karate Kata Beregu Putri Senior, 2011. Juara II Karate antar mahasiswa se DKI, kelas Kumite, 60 kg putri, 2011. Juara II Karate antar mahasiswa se DKI, kelas Kumite Bebas Putri, 2011.

Kemudian, Juara II Karate se Jawa-Bali, kelas Kumite 68kg Senior Putri, 2011. Juara III Karate antar Kota se Indonesia di Makassar, kelas Kumite 68kg senior putri, 2011. Juara I The Chef Indonesian Indosiar Asian Food, dan Juara Harapan I Pastry Dekorasi kue DKI, a.n Anwar Sanjaya, Tata Boga, 2011.

Dari Fakultas Imu Keolahragaan (FIK) yaitu Juara 1 Futsal antar PT se Indonesia a/n Sapta Sanjaya, dkk, 2010. Juara 2 Karate DKI 2010, Juara 3 Karate Nasional, 2010, Juara 2 Karate senior OSOCUP 2011, Juara II Karate Piala Kasad X, 2011, Juara I Shitoryu Karatedo Championship 2010, Juara III Kejurnas OSOCUP, 2011, a/n Lita Mulia.

Selanjutya Tety Juwati, dkk, Kejohanan Hoki Dewan Terbuka UPSI ke-5, 2010. Prasti Susanto, Juara 3 Kejurnas Karate BKC Banyumas, 2010 dan Alfi Fadly, Medali Perunggu, Renang DKI Jakarta, 2010.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011