Kabupaten Bogor (ANTARA) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memuji kebijakan Bupati Bogor Ade Yasin yang menugaskan jajarannya membagikan takjil gratis selama Ramadhan 1443 Hijriah.

"Seperti yang terdapat pada hadits, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga,” ungkap Ketua Bidang Fatwa MUI Kabupaten Bogor, KH Ahmad Ibnu Athoillah di Cibinong, Bogor, Sabtu.

Menurut dia, hal istimewa yang dilakukan oleh umat Muslim pada bulan Ramadhan selain membaca Al-Quran dan shalat tarawih berjamaah, yaitu memberi makan kepada orang-orang yang berpuasa.

Baca juga: Masjid Salman ITB bagikan seribuan takjil gratis tiap hari
Baca juga: Remaja masjid Darussalam di Gorontalo bagikan takjil gratis
Bupati Bogor Ade Yasin membagikan langsung paket takjil di depan gerbang Kompleks Pemerintahan Pemkab Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu, 9 April 2022. ANTARA/HO-Humas Pemkab Bogor

KH Ahmad mengaku memberikan apresiasi tinggi terhadap kebijakan tersebut, karena hingga kini Pemkab Bogor telah membagikan ribuan paket takjil, mengingat dalam sehari perangkat daerah yang bertugas sedikitnya membagikan 200 paket takjil.

"Contohnya yang terjadi di desa-desa yang ada di Kecamatan Rumpin, mereka melaksanakan perintah Bupati untuk membagikan takjil. Ini sangat luar biasa, kita harus terus budayakan memberikan makanan untuk orang-orang yang akan berbuka puasa,” tuturnya.

Sebelumnya, Bupati Bogor Ade Yasin membagikan langsung paket takjil di depan gerbang Kompleks Pemerintahan Pemkab Bogor pada Sabtu, 9 April 2022.

"Semua kita berikan takjil dan makan nasi boks secara gratis mulai dari anak-anak sampai dewasa, mudah-mudahan berkah buat yang puasa. Kegiatan pembagian takjil gratis ini akan dilakukan satu bulan penuh selama bulan Ramadhan," kata Ade Yasin.

Ia menyebutkan, kegiatan bagi-bagi takjil gratis itu dilakukan setiap hari selama bergiliran oleh seluruh perangkat daerah di Pemkab Bogor.

Baca juga: GMPI bagikan takjil gratis ke pemulung dan pengguna jalan

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022