Sesuai dengan edaran pemerintah pusat kita dilarang mengadakan buka puasa bersama, sehingga kegiatan Safari Ramadhan tahun ini dilaksanakan dengan membagikan iftar dan bantuan sosial berupa kebutuhan pokok bagi warga yang membutuhkan
Ambon (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Provinsi Maluku menyalurkan bantuan paket kebutuhan pokok dalam rangkaian kegiatan Safari Ramadhan 1443 Hijriah kepada masyarakat yang  membutuhkan.

"Kegiatan Safari Ramadhan 1443 Hijriah ini dikemas dalam bentuk pembagian paket kebutuhan pokok dan iftar (makanan berbuka puasa) bagi masyarakat di lima lokasi di Kota Ambon," kata Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler, Selasa, di Ambon.

Kegiatan Safari Ramadhan Pemkot Ambon sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Agama dan Surat Edaran Wali Kota Ambon terkait larangan pejabat dan ASN mengadakan buka puasa bersama.

"Sesuai dengan anjuran dan edaran pemerintah pusat kita dilarang mengadakan buka puasa bersama, sehingga kegiatan Safari Ramadhan tahun ini dilaksanakan dengan membagikan iftar dan bantuan sosial berupa kebutuhan pokok bagi warga yang membutuhkan," katanya.

Wawali mengatakan  Safari Ramadhan tahun ini menjadi yang terakhir bagi dirinya dan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy yang akan mengakhiri masa jabatan pada 22 Mei 2022.

"Kurang lebih satu bulan lagi, saya dan pak wali kota akan mengakhiri seluruh tugas di Pemkot Ambon, tetapi tidak berarti sesudah itu kita hilang. Doa kami menyertai kota ini agar terus maju dan berkembang setara dengan kota lainnya di Indonesia," katanya.

Pihaknya telah menyiapkan 500 paket kebutuhan pokok yang akan dibagikan kepada warga di lima lokasi yang meliputi empat kecamatan di Kota Ambon.

Lokasi safari Ramadhan yakni Dusun Air Manis-Laha, Masjid Al Ijtihad, Dusun Air Ali Negeri Rumah Tiga, Masjid Al- ijtihad Desa Waiheru, Pondok Pessantren Al Ishaka-Ahuru Negeri Batu Merah, dan Masjid At-Taubah Kelurahan Waihaong.

Dalam penyaluran paket kebutuhan pokok, pemkot juga menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Ambon dan Dompet Dhuafa.

Selain itu, melibatkan Forkopimda Kota Ambon dan pimpinan organisasi perangkat daerah, demikian Syarif Hadler.

Baca juga: Safari Ramadhan digelar di enam lokasi di Ambon

Baca juga: Negeri Rumah Tiga-Laha-Batu Merah lokasi Safari Ramadhan di Ambon

Baca juga: Safari Ramadhan digelar Pemkot Ambon di 10 titik

Baca juga: Wali Kota Ambon sosialisasikan Pesparawi saat safari Ramadhan

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022