Akibat perubahan iklim dan juga makin seringnya dunia dilanda pandemi maupun persaingan global, sektor pertanian dan pangan pada umumnya akan menjadi hal strategis. Kami mengundang Qatar untuk investasi di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinasi Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel mengajak Qatar untuk berinvestasi di sektor pertanian dan pangan hingga pariwisata di Indonesia.

"Akibat perubahan iklim dan juga makin seringnya dunia dilanda pandemi maupun persaingan global, sektor pertanian dan pangan pada umumnya akan menjadi hal strategis. Kami mengundang Qatar untuk investasi di Indonesia," kata Rachmat Gobel saat berdialog dengan Wakil Ketua DPR Qatar Hamda binti Hassan Al Sulaiti.

Rachmat Gobel melakukan kunjungan ke Qatar, Rabu (11/5), bersama sejumlah anggota DPR antara lain yaitu Ketua Komisi VII Sugeng Suparwoto, Ketua Komisi VI Faisol Riza, Wakil Ketua Komisi VI Martin Manurung, dan tiga anggota Komisi XI yaitu Heri Gunawan, Charles Meikyansyah, dan Fauzi Amro. Hadir pula Duta Besar Indonesia untuk Qatar Ridwan Hassan.

Ia mengemukakan investasi pertanian dan pangan akan memberikan dampak luas bagi masyarakat karena menyerap tenaga kerja yang besar dan membantu mengurangi kemiskinan.

"Pada sisi lain menyediakan pangan bagi dunia merupakan misi kemanusiaan yang sangat penting dalam membangun perdamaian dunia," kata Rachmat Gobel pada keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Ia juga memaparkan bahwa Pemerintah Indonesia memiliki program membangun food estate atau lumbung pangan di sejumlah wilayah di Indonesia. Hal itu sejalan dengan konsep Presiden Joko Widodo membangun membangun ekonomi dari pinggiran atau dari desa.

"Namun pembangunan pertanian dan pangan ini harus terintegrasi dalam industri pangan dan bersifat modern agar tercipta ekosistem pangan yang berkelanjutan,” kata mantan Menteri Perdagangan itu.

Rachmat Gobel juga meminta Qatar untuk terus berinvestasi di bidang pariwisata yang banyak melibatkan tenaga kerja serta menggerakkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia.

Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua DPR Qatar Hamda Binti Hassan Al Sulaiti menyampaikan Qatar telah berinvestasi di bidang telekomunikasi dan pariwisata Indonesia dan menilai Indonesia memiliki potensi pariwisata yang cocok untuk menjadi tujuan investasi negara itu.

Namun perempuan bergelar doktor lulusan Mesir itu juga menyampaikan aspirasi masyarakat Qatar yang ingin kemudahan untuk datang ke Indonesia mengingat Indonesia menjadi destinasi favorit warganegara Qatar. Tapi masyarakat Qatar mengeluhkan antre saat di bandara,” katanya.

Ia juga mengajak Indonesia membantu perdamaian di Afghanistan agar para pengungsi Afganistan di banyak negara bisa pulang kembali ke negaranya. Selain itu ia juga meminta dukungan Indonesia untuk kesuksesan penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Menanggapi hal itu, Rachmat Gobel mengatakan Pemerintah Indonesia telah memasukkan Qatar ke dalam negara yang masuk daftar visa on arrival.

"Soal antre yang lalu hanya karena kondisi pandemi saja," katanya. Menurut dia, Indonesia dan Qatar sangat intensif bekerja sama membangun perdamaian di Afghanistan. Pelajar Indonesia di Qatar, lanjutnya, juga sangat terlibat dalam berbagai kegiatan penyelenggaraan Piala Dunia 2022.

Baca juga: Rachmat Gobel dukung keberpihakan Presiden pada produk dalam negeri
Baca juga: DPR RI minta Jepang dukung pembangunan IKN
Baca juga: Rachmat Gobel: Bendungan Bulango Ulu perkuat kedaulatan pangan

 

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022