23 Universitas di Lombok dan Sumbawa telah menandatangani nota kesepahaman
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Universiti Utara Malaysia (UUM) menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi swasta di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat di bidang pembangunan akademik baik berupa pertukaran mahasiswa, peningkatan kapasitas dosen maupun tenaga kependidikan.

"Alhamdulillah hari ini 23 universitas di Lombok dan Sumbawa telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dan surat pernyataan kolaborasi (LoC) di bidang akademik," kata Rektor Universiti Utara Malaysia Haim Hilman Abdullah di Mataram, Rabu.

Kegiatan MoU yang dipusatkan di Kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram itu dihadiri oleh semua rektor yang tergabung dalam Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) NTB.

"Universiti Utara Malaysia memiliki program untuk bekerja sama dengan banyak perguruan tinggi di Indonesia termasuk perguruan tinggi swasta di wilayah NTB," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk untuk mencetak generasi yang lebih unggul, karena Indonesia memiliki berbagai macam budaya yang dapat meningkatkan dunia pendidikan di Malaysia maupun di Indonesia khususnya NTB. Pihaknya berkomitmen untuk bahu-membahu dalam meningkatkan sumber daya manusia untuk meningkatkan ekonomi dan pembangunan di NTB khususnya.

Baca juga: UNP jalin kerja sama dengan tiga universitas Malaysia

Baca juga: UIN Palu jajaki kerja sama dengan Universitas Kebangsaan Malaysia


Beberapa program yang akan dilaksanakan baik peningkatan kapasitas mahasiswa maupun dosen untuk melanjutkan dunia pendidikan S1 maupun S2 serta S3. Selain itu, memberikan kesempatan kepada mahasiswa di Indonesia untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, ujarnya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung kerjasama ini untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia maupun di Malaysia," katanya.

Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) NTB, Lalu Darmawan menyampaikan aspirasi kepada pihak Universitas Utara Malaysia yang telah mau berkolaborasi meningkatkan dunia pendidikan di NTB. Kegiatan ini disambut baik oleh semua universitas di NTB, karena bisa memajukan perguruan tinggi di NTB

"Kerja sama ini di bidang akademik yakni pengajaran, penelitian dan pelatihan," katanya.

Baca juga: CDAST Unej - EMTech Universiti Putra Malaysia kerja sama riset

Baca juga: IPB-Universitas Sains Malaysia berkolaborasi di bidang kemaritiman

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022