London (ANTARA) - Saham-saham Eropa sedikit lebih rendah pada pembukaan perdagangan Rabu, di tengah kerugian di saham sektor teknologi menjelang data inflasi utama dari Amerika Serikat, sementara kenaikan di supermarket utama Ahold Delhaize menahan penurunan lebih lanjut.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa melemah 0,2 persen dalam setengah jam pertama perdagangan.

Laporan Indeks Harga Konsumen (IHK) AS yang lebih tinggi dari perkiraan untuk Juli dapat menakuti pasar, yang sudah mengharapkan peluang tinggi kenaikan suku bunga 75 basis poin oleh Federal Reserve bulan depan.

Baca juga: Euro menguat atas dolar, dipicu naiknya bunga ECB lebih cepat

Saham-saham teknologi yang sensitif terhadap suku bunga turun 0,5 persen, memimpin penurunan sektoral karena pasar uang zona euro sekarang sepenuhnya memperkirakan kenaikan suku bunga setengah poin oleh Bank Sentral Eropa (ECB) pada September.

Membantu Indeks STOXX 600 mengurangi kerugian adalah lonjakan 5,9 persen di saham Ahold Delhaize, mendorongnya ke puncak indeks.

Perusahaan ritel dan grosir multinasional Belanda itu mengatakan menunda rencana penawaran umum perdana (IPO) pengecer non-makanannya, Bol.com, karena kondisi pasar yang tidak menguntungkan.

Baca juga: Saham Inggris jatuh, dipicu laba beragam dan pasar fokus inflasi AS

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022