Jakarta (ANTARA) - Finalis French Open, Coco Gauff, akan masuk Top 10 di peringkat WTA Tour  ketika peringkat diperbarui pada Senin pekan depan.

Petenis AS berusia 18 tahun itu akan menjadi petenis termuda yang melakukan debut Top 10 setelah Nicole Vaidisova yang berusia 17 tahun pada 2006 .

Gauff akan menjadi petenis Amerika termuda yang masuk Top 10 setelah Serena pada 5 April 1999, pada usia 17 tahun 191 hari. Gauff saat ini berada di perempat final Grand Slam ketiganya di US Open.

Menurut catatan WTA, seperti disiarkan Selasa, Gauff mencapai karier tertinggi di No.11 setelah Wimbledon, dan dia saat ini duduk di No.12.

Tahun ini, dia mencapai perempat final atau lebih baik di tujuh event (termasuk lima dari tujuh event terakhirnya) dan telah mengumpulkan rekor 34-16. Dia saat ini duduk di No.6 papan peringkat menuju WTA Finals.

Sejak berusia 18 tahun pada Maret, Gauff terus berkembang. Peringkat No.16 menjelang musim tanah liat, Gauff masuk babak 16 besar berturut-turut di WTA 1000 di Madrid dan Roma sebelum mencapai final Roland Garros. Di Paris, Gauff tidak kehilangan satu set pun sampai akhirnya jatuh di tangan peringkat 1 dunia Iga Swiatek.

Gauff tidak menunjukkan tanda-tanda melambat setelah French Open. Dia langsung melaju ke semifinal di lapangan rumput di Berlin dan babak ketiga Wimbledon.

Di lapangan keras Amerika Utara, dia lolos perempat finalis di San Jose dan Toronto dan hanya dihentikan oleh cedera pergelangan kaki yang memaksanya untuk mundur di babak pertama Cincinnati. Di New York, dia belum kehilangan satu set pun di US Open dalam empat pertandingan.

Gauff melakukan debutnya dalam tur profesional pada 2019 sebagai pemain kualifikasi berusia 15 tahun di Wimbledon. Dia mengalahkan Venus Williams di babak pertama untuk mencatatkan kemenangan pertamanya di undian utama turnamen major.

Gauff, mantan peringkat satu petenis junior, kemudian memenangi gelar pertamanya di Linz, di mana dia menjadi juara termuda sejak Vadisova memenangi Tashkent 15 tahun sebelumnya, dan menyelesaikan tahun dengan peringkat No.68.

Kemajuan Gauff berlanjut selama dua musim berikutnya. Dia mengakhiri tahun 2020 di No.48 dan kemudian memenangi gelar karir keduanya di Parma tahun lalu, yang diikuti dengan perempat final Grand Slam pertamanya di Roland Garros, dan selesai di No.22 pada 2021.

Gauff akan menghadapi Caroline Garcia di perempat final US Open Selasa malam waktu setempat atau Rabu pagi WIB.


Baca juga: Gauff ke perempat final US Open untuk pertama kalinya
Baca juga: Jessica Pegula susul Coco Gauff ke perempat final US Open
Baca juga: Gauff lumpuhkan Osaka untuk capai perempat final WTA San Jose

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022