TNI terlahir dari masyarakat, menjaga masyarakat, mengawal masyarakat, hadir di tengah-tengah masyarakat.
Makassar (ANTARA) - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso meminta para prajurit TNI untuk senantiasa menjaga kekompakan dan menjaga sinergitas dengan seluruh pemangku kepentingan.

"Seluruh komponen yang ada di wilayah serta komponen masyarakat harus tetap terjalin. Saya ingin menunjukkan bahwa TNI adalah kita, TNI adalah saudara kita," kata Pangdam di sela peringatan HUT Ke-77 TNI di Makassar, Rabu.

Pada kesempatan itu, dia menyebutkan hasil survei Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) pada tanggal 24 Juni 2022 menyatakan bahwa TNI mendapatkan kepercayaan tertinggi dari publik sebesar 93,2 persen.

Adapun hasil survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada tanggal 31 Agustus 2022 menyebutkan TNI mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93 persen.

Oleh karena itu, kata Totok, hasil survei itu hendaknya dijaga dan disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Pada kesempatan yang sama Kapolda Sulsel Irjen Pol. Nana Sudjana mengucapkan Dirgahayu TNI.

Kapolda Sulsel berharap TNI selalu jaya, makin sukses, makin dicintai oleh rakyat, serta selalu dilindungi Tuhan Yang Maha Esa.

"Saya selaku kapolda apresiasi kepada TNI yang selama ini selalu berkomunikasi, berkoordinasi, dan berkolaborasi untuk melaksanakan tugas, khususnya menjaga keamanan di wilayah Sulawesi Selatan," ujarnya.

Sementara itu, Sekprov Sulsel Abdul Hayat Gani yang mewakili Gubernur Sulsel mengatakan bahwa TNI terlahir dari masyarakat, menjaga masyarakat, mengawal masyarakat, hadir di tengah-tengah masyarakat.

"Implementasinya pun bisa dilihat pada hari ini TNI benar-benar menyatu padu dengan masyarakat," ujarnya.

Abdul Hayat Gani menyebutkan banyak program pemerintah daerah yang terlaksana dengan baik dan tepat waktu karena dukungan personel TNI di lapangan, salah satunya adalah program TMMD yang pelaksnaannya hingga ke pelosok desa dan pesisir.

Baca juga: Danrem 102 Panju Panjung terima gelar Adat Dayak saat HUT TNI
Baca juga: Empat prajurit Yonif 756/WMS dapat penghargaan Kasad

 
Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso melakukan pemeriksaan pasukan pada Upacara Peringatan HUT Ke-77 TNI di Makassar, Sulsel, Rabu (5-10-2022). ANTARA/HO-Kodam XIV/HSN


 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022