spirit kebhinekaan dan keberagaman yang menjadi jati diri Kota Surabaya harus tampak dalam aksi-aksi kolaboratif
Surabaya (ANTARA) - Sejumlah anak-anak muda di Kota Surabaya, Jawa Timur, yang tergabung dalam Taruna Merah Putih berbagi kebahagiaan di HUT ke-77 TNI dengan melakukan aksi sosial kepada keluarga janda prajurit TNI dan purnawirawan.

"Selamat HUT TNI ke-77. Semoga TNI semakin berjaya, menjadi kekuatan angkatan bersenjata yang disegani di dunia dan dicintai oleh rakyat," kata anggota Taruna Merah Putih Kitaro Desmonda saat memberikan paket bingkisan dan buket karangan bunga di kawasan Kedung Cowek, Bulak, Surabaya, Kamis.

Anak-anak muda yang rata-rata mahasiswa dan pelajar itu didampingi Babinsa Serma TNI Farid Yulianto bersama sama menemui keluarga purnawirawan dan janda prajurit TNI. Senyum ramah mengembang dari mereka. Mereka pun diterima ramah oleh para keluarga prajurit TNI.

"Nuwun sewu (permisi), ibu. Ini tali asih dari kami, semoga berkenan menerima. Semoga ibu dan keluarga selalu sehat," ujar Kitaro, mahasiswa hukum Universitas Wijaya Kusuma, ketika menyerahkan bunga dan bingkisan.

Ibu Sriyanti yang dikunjungi merasa terharu atas kedatangan anak-anak muda, generasi penerus itu. "Rasanya terharu dan berterima kasih. Sebagai janda dari anggota TNI, ada anak-anak muda yang mau memperhatikan dan memberikan tanda kasih," kata Ibu Sriyanti.

Baca juga: Taruna Merah Putih Surabaya nyalakan lilin untuk tragedi Kanjuruhan
Baca juga: Taruna Merah Putih siapkan kader untuk melawan 'buzzer'

Respons senada datang dari Ibu Siti Fatimah, keluarga purnawirawan TNI. Dia terkejut dan tidak menyangka dikunjungi anak-anak muda di HUT TNI.

"Terkejut dan tidak menyangka akan mendapatkan bingkisan di HUT TNI. Sudah jarang ada anak-anak muda yang mau memperhatikan orang sepuh. Saya berharap, semakin lebih banyak aksi semacam ini," kata Siti Fatimah.

Keluarga purnawirawan dan janda prajurit TNI itu terlihat bahagia dengan kehadiran anak-anak muda, kaum milenial itu. Paket bingkisan dan buket karangan bunga diserahkan.

"Kami ingin berbagi dan berjumpa dengan Bapak Ibu. Mohon berkenan jangan kapok membimbing dan menasehati kami ya ibu," kata Widya Anggita, mahasiswa ekonomi Universitas Widya Mandala menambahkan.

Baca juga: Lantamal VI Makassar gelar bakti sosial sambut HUT Ke-77 TNI
Baca juga: Personel TNI se-Garnisun Wamena gelar baksos jelang HUT ke-77

Ketua DPC Taruna Merah Putih Kota Surabaya Aryo Seno Bagaskoro mengungkapkan, rasa bangganya pada TNI yang selama ini sigap menjaga keutuhan dan ketahanan Republik Indonesia.

"Ungkapan terima kasih itu kami tampakkan dalam bentuk aksi nyata keberpihakan pada keluarga TNI yang telah ikhlas menjadi bagian penting dari keutuhan bangsa dan negara selama ini," kata Seno, mahasiswa FISIP Universitas Airlangga.

Dalam aksi sosial itu, Taruna Merah Putih Kota Surabaya sengaja melibatkan anak muda dari berbagai kalangan dan latar belakang.

"Spirit kebhinekaan dan keberagaman yang menjadi jati diri Kota Surabaya harus tampak dalam aksi-aksi kolaboratif yang berdampak nyata di tengah masyarakat," kata Seno.

Baca juga: Taruna Merah Putih bagikan 3.000 paket sembako kepada masyarakat

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022