Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa naik tipis pada awal perdagangan Senin, didorong oleh kenaikan ekuitas sektor energi ketika investor menunggu kejelasan tentang rencana fiskal Inggris di tengah kegelisahan tentang meningkatnya kemungkinan resesi dan keuntungan perusahaan yang berada di bawah tekanan dari kenaikan suku bunga.

Indeks STOXX 600 di seluruh wilayah terangkat 0,2 persen pada pukul 07.02 GMT.

Pasar melihat volatilitas minggu lalu, dengan investor resah tentang prospek resesi dari tindakan agresif bank-bank sentral untuk menjinakkan inflasi dan gejolak politik Inggris menambah kekhawatiran.

Indeks saham unggulan FTSE 100 London naik 0,1 persen menjelang langkah pajak dan pengeluaran Menteri Keuangan baru Inggris Jeremy Hunt pada Senin, dua minggu lebih awal dari yang dijadwalkan untuk membendung hilangnya kepercayaan dramatis dalam rencana fiskal pemerintah.

Baca juga: Indeks FTSE 100 menguat, jelang rencana fiskal menkeu baru Inggris

Sebagian besar sektor STOXX 600 diperdagangkan naik, dengan energi memimpin kenaikan karena harga minyak menguat di tengah harapan permintaan bahan bakar yang lebih baik dari China. Di antara saham individu, Credit Suisse naik 1,2 persen. Bank telah setuju untuk membayar 495 juta dolar AS untuk menyelesaikan kasus yang diajukan terhadapnya di Amerika Serikat.

Hargreaves Lansdown merosot 1,5 persen setelah platform investasi Inggris itu mengatakan chief executive officer-nya akan mundur, sehari setelah terkena gugatan multi-juta pound.

Saham di Mowi terdongkrak 1,2 persen setelah laba kuartal ketiga perusahaan salmon Norwegia itu berada di atas ekspektasi.

Baca juga: IHSG awal pekan diprediksi masih melemah, ikuti penurunan bursa Asia
Baca juga: Saham China dibuka melemah, Indeks Shanghai turun 0,37 persen


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022