Sementara untuk program unggulan yaitu Fakultas Kedokteran, UMSUmendapat 4 bintang
Medan (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menerima sertifikat asli "4 Stars" dari lembaga pemeringkatan perguruan tinggi internasional ternama Quacquarelli Symonds (QS), setelah sebelumnya melewati sejumlah evaluasi dan penilaian.

Wakil Rektor III UMSU, Dr Rudianto, di Medan, Jumat, mengatakan, raihan bintang 4 QS Stars diawali dengan permohonan UMSU untuk diaudit dan dievaluasi oleh lembaga QS pada akhir tahun 2021 guna mendapatkan pengakuan dari lembaga internasional.

Setelah melewati tahapan pengisian data dan dokumen serta audit dan review dari ahli dari berbagai negara, katanya, pada 28 Februari 2022 QS mengumumkan bahwa UMSU meraih bintang 4 dengan skor 699, hanya kurang 1 poin untuk bintang 5.

Pada beberapa kriteria yang dinilai antara lain pembelajaran, lulusan, pengembangan akademik, Fasilitas, tanggung jawab sosial dan inklusivitas mendapat 5 bintang.

"Sementara untuk program unggulan yaitu Fakultas Kedokteran, UMSU mendapat 4 bintang," katanya.

Sertifikat langsung diserahkan oleh Direktur Analisis dan Evaluasi QS, Leigh Kamolin, yang diterima oleh Wakil Rektor III UMSU Dr Rudianto di tengah acara QS Higher Education Asia Pacific Summit di Intercontinental Jakarta, Rabu (9/11) 2022.

Selain UMSU, beberapa perguruan tinggi lain di wilayah Asia seperti Malaysia, Thailand, India, Vietnam, Filipina dan Indonesia juga menerima sertifikat QS Stars.

Kehadiran UMSU di acara QS Asia Pacific Summit atas undangan resmi pihak QS karena UMSU telah menjadi bagian dari komunitas QS di kawasan Asia. Secara khusus, UMSU juga diundang menjadi peserta sesi Workshop QS Users Community yang bertujuan memperkuat reputasi kampus di tingkat dunia.

Sebelumnya, Rektor UMSU, Prof Dr Agussani bercerita bahwa mendapatkan pengakuan internasional lewat lembaga pemeringkatan telah menjadi impian UMSU sejak sepuluh tahun lalu.

Pihaknya menjadikan program internasionalisasi kampus sebagai target capaian di tahun 2033. Bintang 4 yang diberikan QS, salah satu bukti komitmen UMSU mewujudkan visi menjadi universitas berkualitas kelas dunia.

"Alhamdulillah ini tentu kesyukuran kita. Saya masih ingat kira-kira 10 tahun lalu, Pada saat itu kita bertekad mencoba untuk masuk di QS Rangking. Alhamdulillah apa yang diseriuskan membuahkan hasil," demikian Agussani.

Baca juga: UMSU perkuat program internasionalisasi

Baca juga: UMSU raih 4 bintang dalam "QS Stars World University Rankings"

Baca juga: Rektor lUMSU mengirimkan mahasiswa Fakultas Kedokteran ke Irlandia

Baca juga: UMSU-Universitas Nagaoka menindaklanjuti penelitian energi terbarukan


 

Pewarta: Juraidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022