Padang (ANTARA) - Ribuan atlet Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2022 siap menghadapi pertandingan di 14 cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang olahraga antar mahasiswa se-nasional yang digelar di tiga kampus di Kota Padang, Sumatera Barat pada 17-26 November 2022.

Sekretaris POMNAS 2022 Asep Sujaya Wahyuri dalam jumpa pers di Padang, Rabu mengatakan panitia telah menyiapkan segala sesuatu agar pertandingan ini berjalan dengan baik, lancar dan sportif.

"Kita melibatkan seluruh elemen mulai dari sejumlah perguruan tinggi, mahasiswa, tenaga pendidikan hingga dosen yang tergabung dalam Badan Pembinaan Olahraga Mahasiswa Indonesia," kata dia.

Baca juga: Nadiem Makarim akan buka Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional di Padang

Dia mengatakan, untuk venue pertandingan ada di tiga kampus yakni Universitas Negeri Padang menyelenggarakan sembilan cabang olahraga yakni atletik, pentaque, tenis, bola voli, basket, futsal putri, tarung derajat, karate dan taekwondo. Sementara cabang futsal putera digelar di Lapangan Rafhely Padang.

Kemudian di Politeknik ATI Padang menggelar dua cabang dan Universitas Andalas melaksanakan dua cabang olahraga yakni bulu tangkis dan panjat tebing.

Ia menyebutkan saat ini 2.000 atlet dan sekitar 2.000 ofisial sudah memenuhi hotel yang ada di Padang dan akan mengikuti sejumlah pertandingan di ajang Pekan Olahraga antar Mahasiswa tersebut.

Untuk menjaga kualitas pertandingan, pihaknya melibatkan Indonesia Anti Doping Organization (IADO) yang merupakan perwakilan dari WADA atau badan anti doping dunia yang bertujuan agar seluruh pertandingan bebas doping.

Kemudian seluruh arena pertandingan sudah diverifikasi dan standar disesuaikan dengan standar nasional cabang olahraga masing-masing dan juga dikalibrasi oleh Badan Metreologi.

Baca juga: Universitas Negeri Padang siap gelar pertandingan untuk POMNas 2022

Selain itu untuk wasit juri, pihaknya memastikan seluruh wasit mengantongi lisensi nasional di cabang olahraga masing-masing sehingga menghasilkan pertandingan yang berkualitas.

"Jika ada yang berhasil memecahkan rekor nantinya maka itu akan tercatat sebagai rekor nasional," kata dia.

Ia menyebutkan dalam POMNAS kali ini ada 700 medali yang akan diperebutkan namun panitia menyiapkan1.300 medali karena ada cabang olahraga yang beregu.

"Kita berharap pertandingan berjalan lancar dan baik tanpa kendala berarti. Kita sudah siap menggelar pertandingan di seluruh cabang olahraga sesuai jadwal yang ada," kata dia.***3***

Baca juga: Menpora: POMNas 2022 momentum gairahkan sport tourism Sumatera Barat

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022