Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa tergelincir pada awal perdagangan Senin, karena investor bersikap hati-hati menjelang rilis data aktivitas bisnis di tengah kekhawatiran atas penurunan ekonomi di blok tersebut.

China melonggarkan pembatasan COVID-19 menyusul protes terhadap kebijakan ketat "nol-COVID" negara itu serta meredanya kekhawatiran tentang kenaikan suku bunga telah membantu saham membukukan kenaikan selama tujuh minggu berturut-turut pada Jumat (2/12/2022).

Indeks STOXX 600 di seluruh kawasan dibuka melemah 0,2 persen dengan saham sektor teknologi dan industri menjadi hambatan terbesar pada indeks.

Angka Indeks Manajer Pembelian (PMI) jasa akhir yang diharapkan dirilis hsri ini kemungkinan akan menunjukkan aktivitas ekonomi di zona euro terus melambat pada November.

Sementara itu, Vodafone Group Inggris mengatakan Kepala Eksekutif Nick Read akan mundur pada akhir tahun ini dan digantikan untuk sementara oleh kepala keuangan Margherita Della Valle. Saham operator seluler itu naik 1,6 persen pada awal perdagangan.

Baca juga: Saham Eropa dibuka melemah, namun menuju kenaikan minggu ketujuh

Baca juga: Saham Eropa dibuka melonjak ditopang pidato Powell, pelonggaran China

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022