Koba, Babel, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyerahkan bantuan uang senilai Rp410 juta untuk para korban gempa di Cianjur, Jawa Barat.

"Bantuan itu merupakan bentuk kepedulian sosial kepada sesama dan saudara kita di Cianjur yang menjadi korban bencana alam," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman saat menyerahkan bantuan itu di Cianjur, Rabu.

Bupati yang hadir bersama beberapa pejabat sekretariat dan kepala OPD Bangka Tengah mengatakan uang senilai Rp410 juta itu dengan rincian Rp250 juta bersumber dari APBD dan sisanya merupakan sumbangan ASN daerah setempat.

Baca juga: BPBD Babel salurkan bantuan kepada korban bencana di Cianjur

"Bantuan ini kita salurkan kepada Pemkab Cianjur untuk diserahkan kepada para korban gempa, namun kami juga berkesempatan mengecek langsung kondisi rumah warga dan kondisi warga yang menjadi korban," ujarnya.

Bupati juga mengatakan bahwa donasi atau sumbangan dari kalangan ASN diperuntukkan membangun rumah ibadah yang rusak dan memenuhi kebutuhan pokok kalangan balita.

"Kami berharap bantuan dapat tersalurkan dengan baik dan masyarakat kembali bisa menata hidup dan menatap masa depan yang cerah," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Babel serahkan bantuan korban bencana kepada Pemkab Cianjur

Nur Hazard, mewakili warga penerima bantuan, mengatakan bantuan tersebut sangat berarti dan bermanfaat bagi warga yang tertimpa musibah.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Pemkab Bangka Tengah, ASN yang sudah menyumbang, dan bapak bupati yang sudah meluangkan waktu sibuknya sebagai kepala daerah untuk bisa hadir di sini melihat kondisi warga pascagempa," ujarnya.

Relawan Gempa Cianjur Hasan Daud mengatakan kiprah Pemkab Bangka Tengah dalam menggalang dana untuk gempa bumi di Cianjur sungguh luar biasa.

Baca juga: Bupati Cianjur kerugian akibat gempa Rp4 triliun

"Kami relawan bantu bencana mendapat kepercayaan dari Bupati Bangka Tengah untuk menyalurkan bantuan pemulihan pada beberapa tempat ibadah di Cianjur," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022