Hari ini penumpang yang naik dari stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon ada 5.159 orang dan itu menunjukkan peningkatan yang signifikan
Cirebon (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, mendata pada Minggu (25/12) terjadi peningkatan penumpang yang naik hingga mencapai 5.159 orang  dan didominasi penumpang mengarah ke Jakarta.

"Hari ini penumpang yang naik dari stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon ada 5.159 orang dan itu menunjukkan peningkatan yang signifikan," kata Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Ayep Hanapi di Cirebon, Minggu.

Ayep mengatakan dari jumlah tersebut terbanyak merupakan penumpang tujuan Jakarta, sedangkan sisanya ke beberapa kota besar yang ada di Pulau Jawa, seperti Surabaya, Semarang, Yogyakarta, dan lainnya.

Menurutnya, 5.159 penumpang itu naik kereta api dari 13 stasiun yang ada di wilayah kerja Daop 3 Cirebon, seperti Stasiun Brebes, Cirebon Prujakan, Cirebon Kejaksan, Jatibarang Indramayu, Pegaden Baru Subang, dan lainnya.

Sedangkan untuk penumpang yang naik kereta api terbanyak dari Stasiun Cirebon Kejaksan dan Cirebon Prujakan dengan masing-masing penumpang 1.728 dan 1.308 orang.

Baca juga: KAI Cirebon siapkan posko hadapi angkutan Natal dan Tahun Baru

"Sementara untuk keberangkatan dari stasiun lainnya ada yang 600 penumpang, 57 penumpang, dan lainnya, tergantung jumlah kereta yang berhenti," tuturnya.

Ayep menjelaskan jumlah penumpang tersebut juga meningkat bila dibandingkan pada hari normal yang berkisar 1.000-1.200 orang.

Selain penumpang naik, jumlah penumpang yang turun di wilayah Daop 3 Cirebon juga masih cukup tinggi yaitu mencapai 4.341 orang, meskipun jumlah tersebut lebih rendah dibandingkan saat puncaknya yaitu pada 23 Desember 2022 dengan jumlah total 6.300 penumpang.

Selama masa angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, KAI Daop 3 Cirebon menyediakan 82.422 tempat duduk dengan berbagai tujuan, seperti Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan lainnya.

"Memang pada masa libur ini penumpang sudah cukup ramai, bila dibandingkan hari biasa tentu jauh berbeda," katanya.

Baca juga: KAI tambah 5 perjalanan KA Argo Cheribon jelang akhir libur sekolah

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022