Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara memprediksi sejumlah wilayah kabupaten di Sultra pada beberapa hari ke depan mengalami hari tanpa hujan dengan kategori sangat pendek.

Forescaster on Duty BMKG Kendari Eva Prameuthia dalam keterangan tertulis yang diterima di Kendari, Kamis, mengatakan monitoring hari tanpa hujan di Sultra sejak 10 Januari hingga lima hari ke depan mencatat sebagian besar wilayah Sultra mengalami hari tanpa hujan. Kategori sangat pendek (1-5 hari) hingga kategori menegah (11-20 hari).

"Memang ada beberapa beberapa wilayah kabupaten seperti Kolaka, Kolaka Timur, Konawe Utara, Baubau, Buton, dan Buton Selatan masih mengalami hujan sedang hingga lebat, sementara untuk wilayah Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan mengalami hari tanpa hujan kategori panjang (21-30 hari)," ujarnya.

Baca juga: BMKG Kendari sebut tinggi gelombang di perairan Wakatobi 4-6 meter

Dikatakan, pada awal Januari 2023, secara umum wilayah Sulawesi Tenggara mengalami curah hujan kategori rendah (0–50 mm/dasarian). Sebagian wilayah Kolaka, Kolaka Timur, dan Kolaka Utara mengalami curah hujan kategori menengah (51–150 mm/dasarian).

Dan pada pertengahan Januari ini, sebagian besar wilayah Sulawesi Tenggara berpeluang tinggi mengalami curah hujan kategori rendah (0-50 mm/dasarian). Terdapat pula daerah yang berpeluang tinggi mengalami curah hujan kategori menengah (51-150 mm/dasarian) yaitu di sebagian wilayah Kabupaten Konawe, Konawe Utara, dan Kolaka Timur.

Dengan demikian, kata Eva, secara umum, wilayah Sultra pada akhir Januari 2023 hingga pertengahan Februari 2023, terdapat sebagian wilayah Konawe Utara yang diprakirakan mengalami curah hujan kategori tinggi (151–200 mm/dasarian) mulai akhir Januari 2023.

Ia mengimbau masyarakat Sulawesi Tenggara tetap waspada terhadap berbagai dampak perubahan iklim di sekitarnya dan memastikan memperbarui informasi cuaca/iklim yang didapatkan dari sumber terpercaya di akun-akun resmi BMKG.

Baca juga: BMKG: Umumnya wilayah Sultra cerah hingga berawan
Baca juga: BMKG sebut potensi hujan di beberapa daerah di Sultra masih terjadi

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023