Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa dibuka melemah pada Kamis, berada di jalur untuk menghentikan kenaikan beruntun enam sesi setelah data ekonomi AS yang lesu menyalakan kembali kekhawatiran perlambatan ekonomi global sementara laba perusahaan yang suram di dalam negeri semakin memperburuk selera investor.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa tergelincir 0,6 persen pada pukul 08.15 GMT. Pada sesi sebelumnya, indeks acuan menandai keuntungan beruntun terpanjang sejak November 2021.

Saham sektor energi dan industri menjadi hambatan terbesar di tengah penurunan pasar berbasis luas.

Wall Street jatuh semalam setelah data menunjukkan bahwa output manufaktur AS telah merosot bulan lalu dan penjualan ritel turun paling banyak dalam setahun, sementara komentar hawkish dari pejabat Federal Reserve semakin membebani pasar.

Di antara saham individu, Renault tergelincir 2,0 persen karena penjualan grup pada tahun 2022 turun selama empat tahun berturut-turut setelah kendala kapasitas dan hambatan rantai pasokan berdampak pada produsen mobil Prancis tersebut.

Boohoo anjlok 5,0 persen karena pendapatan pengecer fesyen daring Inggris itu turun 11 persen pada periode perdagangan Natal utamanya, dirugikan oleh gangguan pengiriman.

Saham Dr Martens Plc merosot 22 persen setelah pembuat sepatu asal Inggris itu memperingatkan laba dan pendapatan tahunannya karena masalah operasional.

Baca juga: Wall St jatuh terseret data ekonomi lemah, komentar Fed yang "hawkish"
Baca juga: Dolar menguat karena tawaran "safe haven", yen bangkit
Baca juga: Harga minyak turun hampir 1 dolar, tertekan stok dan data "bearish" AS

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023