Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham di bursa Eropa naik pada awal perdagangan Kamis, didorong oleh ekuitas teknologi dan real estat, dengan fokus kepada keputusan suku bunga Bank Sentral Eropa (ECB) sehari setelah Federal Reserve mengakui kemajuannya dalam membatasi tekanan harga yang membandel.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terkerek 0,5 persen pada pukul 08.06 GMT, dengan saham teknologi dan real estat yang sensitif terhadap suku bunga masing-masing meningkat 2,7 persen dan 1,8 persen.

ECB diperkirakan akan menaikkan suku bunga simpanan sebesar 50 basis poin menjadi 2,5 persen dan memperkirakan lebih banyak kenaikan dalam beberapa bulan ke depan, dengan satu-satunya pertanyaan terbuka adalah seberapa besar ini akan terjadi. Bank Sentral Inggris juga siap untuk menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin pada Kamis.

Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat terkerek sektor farmasi, fokus putusan Fed

Telecom Italia melonjak 9,0 persen ke puncak STOXX 600 setelah menerima tawaran tidak mengikat untuk saham pengendali di jaringan fixed-line dari perusahaan investasi AS KKR.

Saham Meta Platforms Inc yang tercatat di bursa Frankfurt melambung 18 persen karena perkiraan pendapatan kuartal pertama yang optimis dan pembelian kembali saham senilai 40 miliar dolar AS.

Pemasok microchip Infineon melonjak 6,8 persen setelah meningkatkan prospek 2023, sementara pembuat perangkat lunak Prancis Dassault Systemes terangkat 4,1 persen didukung perkiraan pertumbuhan pendapatan 2023 yang kuat.

Baca juga: Saham Eropa dibuka turun, fokus beralih ke pertemuan bank-bank sentral

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023