Jakarta (ANTARA) - Pakar pendidikan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Agus Sartono mengatakan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci utama dalam menyambut bonus demografi.

"Peningkatan kualitas SDM sangat penting agar bonus demografi yang ditandai dengan proporsi usia produktif dalam jumlah besar dapat dioptimalkan," kata Agus Sartono saat dihubungi dari Jakarta, Senin.

Agus Sartono yang pernah menjabat sebagai Deputi bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) itu menambahkan bahwa untuk meningkatkan kualitas SDM, maka upaya penanganan stunting menjadi salah satu aspek utama.

Baca juga: Menko PMK: Penurunan stunting jadi kunci penyiapan generasi unggul RI

"Oleh karena itu, sangat tepat upaya pemerintah untuk mempercepat penurunan prevalensi stunting," katanya.

Berdasarkan data Riskesdas, pada tahun 2019 angka stunting di Indonesia sebesar 27,67 persen. Pemerintah menargetkan penurunan stunting menjadi 14 persen pada tahun 2024, sebagaimana yang tertuang dalam RPJMN 2020-2024.

"Untuk mewujudkan itu diperlukan langkah yang strategis di antaranya melalui intervensi sejak usia remaja, di masa pranikah, selama kehamilan, dan masa interval kehamilan. Selain itu, pembangunan pangan dan gizi juga dilaksanakan melalui berbagai upaya untuk percepatan perbaikan gizi," katanya.

Baca juga: BKKBN: Penurunan stunting persiapkan RI hadapi bonus demografi

Agus Sartono menambahkan, Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting perlu diapresiasi dan didukung oleh semua pihak.

"Targetnya adalah angka stunting turun dari 24,4 persen pada tahun 2021 menjadi 14 persen pada tahun 2024," katanya.

Dengan demikian, masalah stunting yang merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang tersebut, kata dia, bisa diatasi.

Baca juga: IPADI: Penurunan stunting jadi kunci penting menyambut bonus demografi

"Penanganan stunting pada akhirnya akan mendukung upaya peningkatan kualitas SDM dan mengoptimalkan bonus demografi," demikian Agus Sartono.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023