The Fed memulai pertemuan dua hari pada Selasa dan setelah beberapa sesi liar penetapan perkiraan suku bunga AS di masa depan menyiratkan bahwa puncak suku bunga sudah dekat atau sudah tercapai,....
Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa naik hampir 1,0 persen pada awal perdagangan Selasa, dengan ekuitas perbankan memimpin pemulihan menyusul serangkaian tindakan untuk menstabilkan sektor ini, sementara investor memperkirakan langkah yang kurang agresif oleh Federal Reserve AS pada pertemuan kebijakannya minggu ini.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terangkat 0,9 persen pada pukul 08.09 GMT, memperpanjang kenaikan setelah indeks secara tajam memulihkan kerugian intraday dan menutup sesi naik hampir 1,0 persen pada Senin (20/3/2023).

The Fed memulai pertemuan dua hari pada Selasa dan setelah beberapa sesi liar penetapan perkiraan suku bunga AS di masa depan menyiratkan bahwa puncak suku bunga sudah dekat atau sudah tercapai, dengan masalah stabilitas yang baru mengesampingkan perang melawan inflasi.

Baca juga: Saham Eropa merosot, pembelian Credit Suisse gagal tenangkan investor

Indeks perbankan Eropa melonjak 1,8 persen, dengan saham di bank Swiss, Credit Suisse, diperdagangkan datar dan UBS naik 3,5 persen.

Saham perbankan secara global menghela nafas lega pada Senin (20/3/2023) setelah pengambilalihan Credit Suisse yang berusia 167 tahun yang didukung oleh UBS meningkatkan harapan bahwa krisis perbankan yang lebih luas dapat dihindari dalam waktu dekat, meskipun kekhawatiran tetap ada tentang bank-bank kecil AS dan kerusakannya terhadap pasar kredit.

Indeks perbankan Eropa turun lebih dari 14 persen sejauh Maret.

Baca juga: Saham Asia dibuka "rebound", tetapi ketakutan atas bank mengintai

Saham RWE terangkat 1,4 persen setelah perusahaan utilitas terbesar Jerman itu menjanjikan dividen yang lebih tinggi dan lebih banyak investasi untuk memperluas bisnis inti energi terbarukan.

Thyssenkrupp melonjak 3,3 persen setelah harian bisnis Handelsblatt melaporkan bahwa dewan pengawas perusahaan berselisih tentang strategi yang tepat untuk bisnis bajanya.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023