Mentok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan menyalurkan bantuan untuk masjid selama pelaksanaan Safari Ramadhan 1444 Hijriah.

"Pada bulan suci Ramadhan kali ini kami akan menggelar 16 kali Safari Ramadhan, sebanyak 14 kali di antaranya dilaksanakan di masjid dan dua kali masing-masing digelar di rumah dinas bupati dan wakil bupati," kata Analis Ahli Muda Bagian Kesejahteraan Sosial Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Barat Agus Sunawan di Mentok, Senin.

Ia mengatakan, pada kegiatan Safari Ramadhan 1444 Hijriah Pemkab Bangka Barat telah menyiapkan bantuan untuk masjid yang menjadi lokasi kegiatan tersebut.

"Bantuan itu berupa karpet masjid ukuran panjang 10 meter dua unit, kipas angin, dan jam dinding digital. Bantuan ini yang akan kami salurkan di seluruh masjid yang menjadi lokasi pelaksanaan Safari Ramadhan 1444 Hijriah," katanya.

Baca juga: Wali Kota Mojokerto sapa warga lewat safari Ramadhan

Selain itu, kata dia, Pemkab Bangka Barat juga akan menyalurkan bantuan lain berupa paket bantuan jaminan hidup, santunan anak yatim piatu, dan paket bahan pangan pokok.

Berbagai bantuan tersebut akan disalurkan oleh Pemkab Bangka Barat melalui Dinas Sosial bekerja sama dengan Baznas dan beberapa perusahaan yang ada di daerah itu, termasuk dengan pihak perbankan.

"Dalam kegiatan tahunan ini kita juga menggandeng pihak perusahaan agar bisa berbagai kasih dengan mereka yang membutuhkan bantuan," katanya.

Baca juga: Masjid Raya Al-Azhom gelar Festival Ramadhan dan buka Studi Islam

Pada tahun ini, Pemkab Bangka Barat telah mengagendakan kegiatan Safari Ramadhan yang dimulai pada Senin ini di Masjid Nurul Falah Desa Mayang, Simpangteritip, dilanjutkan pada Selasa (28/3) Masjid Nurul Falah Desa Sinar Manik, Jebus, Rabu (29/3) Masjid Al Baroqah Desa Puput, Parittiga, Kamis (30/3) Masjid Al Hidayah Desa Tempilang, Tempilang.

Selanjutnya Senin (3/4) di Masjid Al Ihsan Desa Telak, Parittiga, Rabu (5/4) Masjid Baiturrahmah Desa Sangku, Tempilang, Kamis (6/4) Masjid Al Utihad Desa Airbulin, Kelapa, Senin (10/4) Masjid Miftahuljannah Desa Simpangteritip, Simpangteritip, Selasa (11/4) Masjid Baiturrahman Desa Airkuang, Jebus, Kamis (13/4) Masjid Baitul Islamiah Desa Sinarsari, Kelapa.

Kemudian Jumat (14/4) Masjid Nurul Iman Desa Airlimau, Mentok, Senin (17/4) Masjid Bustanuljannah Desa Teluklimau, Parittiga, Selasa (18/4) Masjid Al Manaar Belit, Desa Dendang, Kelapa, Rabu (19/4) Masjid Miftahurrahmah, Desa Airputih, Mentok.

Baca juga: Masjid Raya Al Fatah Ambon-Maluku sediakan takjil gratis

Pemkab Bangka Barat juga menggelar Safari Ramadhan di rumah dinas bupati pada Selasa (4/4) dan di rumah dinas wakil bupati pada Rabu (12/4).

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023