Saham Eropa menguat pada awal perdagangan, Jumat (5/5/2023).
Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa menguat pada awal perdagangan, Jumat, karena kenaikan suku bunga Bank Sentral Eropa (ECB) yang lebih kecil serta hasil keuangan dari Adidas dan Apple yang mengalahkan pasar meningkatkan sentimen investor.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa naik tipis 0,3 persen pada pukul 07.15 GMT, tetapi berada di jalur untuk kerugian mingguan kedua berturut-turut.

Saham-saham bank dan energi memimpin kenaikan indeks, masing-masing terangkat 1,2 persen dan 1,8 persen, sementara saham-saham penambang tergelincir 0,2 persen.

ECB menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin, peningkatan terkecil dalam siklus kenaikan suku bunga yang dimulai musim panas lalu, meningkatkan patokan untuk biaya pinjaman menjadi 3,25 persen. Namun, bank sentral mengisyaratkan lebih banyak pengetatan yang akan datang.

Data ekonomi, termasuk penjualan ritel zona euro untuk Maret dan PMI komposit untuk April, akan berada di radar investor untuk petunjuk lebih lanjut tentang kekuatan ekonomi kawasan tersebut.

Adidas AG melonjak 5,2 persen setelah melaporkan hasil kuartal pertama yang lebih baik dari perkiraan, dengan investor berharap raksasa pakaian olahraga Jerman itu dapat mengubah nasibnya.

Di AS, Apple Inc, perusahaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, mengejutkan investor dengan peningkatan penjualan iPhone bahkan saat pasar smartphone global merosot.
Baca juga: First Republic Bank di AS kolaps, saham perbankan Eropa ikutan anjlok
Baca juga: Saham Eropa dibuka jatuh jelang hasil pertemuan ECB

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023