Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan pihaknya berencana menyiapkan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Vietnam untuk menciptakan kerjasama yang baik di sektor digital.

Baca juga: Menkominfo pastikan infrastuktur digital KTT ke-42 ASEAN memadai

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G.Plate mengatakan nota kesepahaman tersebut dapat menjadi payung hukum dan memperkuat kerjasama antarnegara dalam infrastruktur digital dan pemanfaatan ruang digital antarnegara.

“Indonesia dan Vietnam selama ini belum mempunyai payung kerja sama, sehingga tadi kami sepakati untuk membuat satu payung kerja sama dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) antara Indonesia dan Vietnam yang berhubungan dengan pengembangan infrastruktur digital dan ruang digital” ujar Johnny dalam siaran persnya, Rabu.

Rancangan penyusunan nota kesepahaman itu diungkap setelah Johnny melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Digital Vietnam Nguyen Manh Hung di Hotel Jayakarta, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Selain pengembangan infrastruktur digital, Indonesia-Vietnam juga akan menyusun MoU untuk pemanfaatan ruang digital untuk digital ekonomi.

Baca juga: Menkominfo ajak media sebarkan Informasi KTT ke-42 ASEAN

Upaya bersama dalam menguatkan keamanan siber, serta pencegahan penyebaran hoaks dan disinformasi juga akan dibahas dalam nota kesepahaman itu.

“Ini penting sekali kita lakukan bersama-sama agar ruang digital itu bisa bermanfaat bagi masyarakat kita secara maksimal. Combat fake news disinformation tentu sejalan dengan hukum dan aturan atau yang disebut dengan lawfull interceptions dan law full taking down. Itu yang kami diskusikan,” kata Johnny.

Dalam pertemuan itu, kedua menteri yang erat dengan sektor digital tersebut membahas dan berbagi pengalaman mengenai pengembangan infrastruktur digital.

Tidak hanya itu, mereka berbagi pandangan dan berdiskusi tentang urgensinya menghadirkan ruang digital yang sehat agar bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa dari kedua negara.

Harapannya dengan berbagi pengalaman di sektor yang sama, kedua negara bisa saling menguatkan kerjasama di sektor terkait satu sama lain.

"Karena ini satu kawasan yang besar dimana menjadi growth area yang harus kita manfaatkan digitalisasinya untuk kepentingan pembangunan masyarakat,” ujar Johnny.

Menteri Digital Vietnam Nguyen Manh Hung menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas pertemuan dengan perwakilan Indonesia.

Menurutnya, Vietnam akan menindaklanjuti kesepakatan MoU tersebut yang rencananya dibahas pada September 2023.

“Pada bulan September ini, kita sedang dalam MoU antara kedua kementerian (Kementerian Kominfo RI dan Kementerian Digital Vietnam) untuk membuat perjanjian kerja sama,” kata Nguyen Manh Hung.

Ia pun menegaskan tindak lanjut dari hubungan kerja sama yang digagas bersama Menkominfo Johnny G. Plate itu akan menjadi daftar kemitraan terbaru antar kedua negara.


Baca juga: Johnny Plate: Surya Paloh di luar negeri saat pertemuan parpol koalisi

Baca juga: Paulus Plate ayah Menkominfo Johnny G. Plate meninggal dunia

Baca juga: Kemenkominfo hadirkan internet berkekuatan tinggi di F1Powerboat

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023