Jakarta (ANTARA) - Banyaknya isu sosial yang mengesampingkan hak pada anak berkebutuhan khusus (ABK) tidak bisa lagi dipandang sebelah mata, padahal, sudah seharusnya keberadaan ABK yang merupakan bagian dari masyarakat juga berhak atas pendidikan, kesehatan, kesempatan kerja dan berbagai peluang hidup lainnya.

Kepedulian atas isu sosial terhadap ABK tersebut menarik perhatian Gobel Group sebagai salah satu kelompok usaha yang memandang pentingnya pengembangan masa depan bagi ABK. Komitmen kepeduliannya dibuktikan dengan ikut ambil bagian dalam acara Walk For Autism (WFA) 2023 pada 13 - 14 Mei 2023 yang berlokasi di London School of Public Relation (LSPR) Building, Sudirman Park. 

Kegiatan utama dari WFA adalah Fun Walk dan Bazaar dengan target pengunjung sebanyak 1000 orang. Acara ini digagas oleh Junior Chamber International (JCI), yang merupakan organisasi internasional pemuda non-politik dan non-sektarian dengan tujuan untuk menciptakan perubahan positif di seluruh dunia dan sudah berlangsung sejak tahun 2016 dan didedikasikan untuk ABK terutama penyandang autisme.

Hiramsyah S. Thaib selaku President Director PT Gobel International & Group CEO, mengungkapkan seiring dengan perkembangan zaman, Gobel Group ingin menciptakan perubahan yang berdampak besar bagi seluruh masyarakat, khususnya terhadap penyandang disabilitas. 

Hal ini diwujudkan melalui kolaborasi yang dilakukan oleh Gobel Group dan anak perusahaannya dengan lembaga atau korporasi lainnya.

“Sejalan dengan komitmen dari Gobel Group, kami harap apa yang kami lakukan terhadap penyandang disabilitas khususnya autisme mampu mendekatkan kami kepada salah satu goal kami yaitu untuk menjadikan tempat kerja yang inklusif, yang tentunya ramah dan aksesibel bagi penyandang disabilitas.” ujar Hiramsyah. 

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa salah satu tujuan dari kegiatan WFA adalah Chance To Change yang akan memberikan dukungan moral kepada ABK dan keluarganya untuk bertekad mencapai masa depan yang lebih baik, di mana hal tersebut, sejalan dengan apa yang Gobel Group ingin lakukan guna mencapai tempat kerja yang inklusif.

Di rangkaian kegiatan WFA 2023 ini, Gobel Group melalui anak perusahaan PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI), PT Panasonic Gobel Life Solutions Sales Indonesia (PGLSSID) dan PT Chateraise Indonesia Manufacturing berpartisipasi dengan membuka booth yang berisi aneka jus segar, snack custard cream puff dan eclair gratis serta membagikan lampu LED Neo Bulb 9 Watt untuk menarik minat pengunjung. Selain itu, terdapat beragam aktivitas menarik & interaktif di booth Panasonic, untuk menghibur para pengunjung WFA 2023.

Head of Committee Walk For Autism 2023, Juliana Cen, yang juga merupakan Partner Development Lead dan Accessibility Co-Lead Microsoft Indonesia menambahkan, “Kami sangat mengapresiasi peran aktif Gobel Group dalam penyelenggaraan WFA 2023. 

Salah satu kontribusi nyata Gobel Group untuk membantu ABK menjalani kehidupan yang lebih baik yaitu ditunjukkan dengan cara membuka tempat kerja yang ramah untuk penyandang disabilitas di lingkungan PGI.

Sementara itu, PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) yang masih bagian dari Gobel Group, pada tahun 2022 telah ikut berpartisipasi dalam acara memperingati Hari Disabilitas Internasional bertajuk “Karya Tanpa Batas” yang diselenggarakan oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM) bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta Yayasan Perempuan Tangguh Mandiri Indonesia. 

Dalam acara tersebut, PMI memberikan produk kulkas untuk dilelang yang dikaryakan sebagai media lukis oleh anak-anak penyandang autisme. Tidak hanya itu, PT Panasonic Gobel Life Solutions Sales Indonesia (PGLSSID) juga berkolaborasi dengan Microsoft melalui program Microsoft Enabler, dengan memberikan rangkaian pelatihan kerja bagi penyandang disabilitas. 

“Penting bagi perusahaan menerapkan kebijakan yang mempermudah. Tantangan yang biasanya dihadapi adalah perusahaan tidak dapat menemukan penyandang disabilitas yang memiliki keterampilan yang dibutuhkan. 

Untuk mengatasinya, kami berinisiatif mengadakan pendidikan dan pelatihan yang inklusif melalui kolaborasi yang sangat dibutuhkan oleh ABK,” papar Hiramsyah. 

Secara keseluruhan, Hiramsyah berharap komitmen Gobel Group beserta anak usahanya untuk berkontribusi pada WFA 2023 serta berbagai program disabilitas lainnya, akan mampu memberikan dampak sosial yang nyata pada masyarakat khususnya bagi ABK dan keluarganya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023